Saturday, November 16, 2013

Kasau Tutup Latihan Tempur Bersama TNI AU dan AU Singapura


Pekanbaru (MI) : Kapala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal B. Putu Dunia pada Jumat siang (15/11/2013) memimpin acara penutupan kegiatan latihan tempur bersama Tentara Udara Singapura yang dilaksanakan di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau.Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Staf Angkatan Udara (Chief of RSAF) Singapura, Major General Hoo Cher Mou yang langsung mendampingi Putu Dunia dalam memimpin upacara penutupan kegiatan yang dinamai Joint Fighter Weapon Course (JFWC). Kegiatan upacara ini juga dihadiri sejumlah perwira dan prajurit tentara Singapura serta ratusan aggota TNI AU.

Kasau Marsekal B. Putu Dunia dalam pidatonya mengatakan, bahwa kegiata JFWC dilaksanakan untuk meningkatkan kemmpuan para penerbang. Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan antara kedua negara.

Sementara Kepala Staf Angkatan Udara (Chief of RSAF) Singapura, Major General Hoo Cher Mou dalam pidatonya juga menyambut baik kegiatan latihan bersama yang telah dilaksanakan dalam beberapa bulan terakhir.

Hoo Cher juga mengucapkan terimakasih dengan kesediaan Pemerintah Indonesia untuk melaksanakan kegiatan itu di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Kepala Penerangan Roesmin Nurjadin Pekanbaru Mayor Sus Filfadri latihan bersama (JFWC) ini merupakan latihan untuk pesawat tempur.

Kegiatan latihan gabungan ini melibatkan 22 pesawat tempur milik angkatan udara Singapura atau Royal Singapore Air Force (RSAF) dan TNI AU. Untuk Singapura kata dia mengerahkan enam unit pesawat tempur. Sedangkan dari TNI AU mengerahkan sebanyak 16 pesawat tempur.

“Pesawat tempur yang dilibatkan dalam latihan tempur bersama ini bukan hanya dari Lanut Roesmin Nurjadin saja, namun juga ada dari Lanud Iswahyudi dan Lanud di Pontianak. Melibatkan juga Pesawat Tempur Hawk 100/200 dan F-16,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan latihan tempur bersama Singapura kali ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan di Lanud Pekanbaru. Dalam acara penutupan JFWC, turut hadir sejumlah pimpinan Muspida, termasuk dari Kepolisian Daerah Riau dan TNI Angkatan Darat (Korem).




Sumber : Gagasanriau

No comments:

Post a Comment