Tuesday, November 12, 2013

Latihan Operasi Bersama, TNI AU dan China Serbu Teroris di PT DI


Bandung (MI) : TNI AU dan tentara China dari People Liberty Army (PLA) Airforce menggelar latihan bersama antiteror di area PT Dirgantara Indonesia (DI), Kota Bandung. Dalam skenario operasi bersama ini, para prajurit dari kedua negara menyerbu dan menumpas aksi teroris di salah satu gedung PT DI.

Namun momen latihan tempur di tempat tersebut tidak bisa disaksikan dan diabadikan para jurnalis lantaran pihak TNI AU tak memberi izin dengan alasan faktor keamanan. Ratusan personel TNI AU dan puluhan personel PLA Airforce China terjun payung dan terjun statis dari pesawat Hercules di area Bandara Husein Sastranegara. Setelah mendarat, seluruh personel bergerak mengincar titik penyerbuan.

"Skenario latihan tadi ada teroris yang menyandera pejabat dari Indonesia dan China yang melakukan kunjungan ke PT DI. Lalu atas seizin kepala negara dilakukan operasi bersama," jelas Direktur Latihan Bersama Sharp Knife Airborne 2013, Kolonel Rolland Waha, kepada wartawan di PT DI, Senin (11/11/2013).

Pembebasan sandera dari cengkraman teroris ini menjadi kegiatan pamungkas latihan bersama bersandi Sharp Knife Airborne 2013. Acara ini berlangsung sejak 6 November lalu yang dipusatkan di Mako Korpaskhas AU, Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung. Kedua negara mengerahkan pasukan khusus untuk terlibat latihan bersama. Indonesia mengandalkan prajurit Baret Jingga atau Pasukan Khas AU, China menampilkan pasukan khusus dari PLA Airforce.

"Tujuan kegiatan ini untuk mempererat pershabatan kedua negara. Hal ini tindaklanjut dari kebijakan kepala negara bahwa Indonesia dan PLA harus sering bekersama mengamankan wilayah masing-masing atau internasional apabila dilakukan operasi bersama," ucap Rolland.

PLA Airforce China berencana mengundang TNI untuk latihan bersama di China pada 2014 mendatang. "Ini merupakan pertama kali antara Angkatan Udara Indonesia dan China melakukan kegiatan bersama. Latihan bersama ini mendalami taktik dan teknik para personel, serta mengikat persaudaraan antara kedua negara. Tahun depan, pelaksanaan latihan bersama dilaksanakan di China," jelas Senior Kolonel Senior Kolonel Li Zhonghua.Latihan Operasi Bersama, TNI AU dan China Serbu Teroris di PT DI






Sumber : Detik

No comments:

Post a Comment