Thursday, November 14, 2013

4 Pesawat Helicopter Latihan Terbang Navigasi


Tasikmalaya  (MI) : 4 Pesawat Helicopter EC 120B Colibri buatan Tarnos Prancis yang ber-home base di Skadron Udara 7 (Skadud 7) Lanud Suryadarma, Kalijati, Jawa barat, secara berturut-turut mendarat dengan mulus di Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya Jawa Barat, Rabu (13/11).

Kedatangan pesawat di Lanud Wiriadinata ini dalam rangka Latihan Terbang Navigasi Jarak Jauh (NJJ) para siswa perwira penerbang muda Skadud 7 dipimpin langsung Komandan Skadron, Letkol Pnb. Khairun Aslam disertai beberapa instruktur penerbang dan teknisi.

Di sambut hangat oleh Komandan Lanud Wiriadinata Letnan Kolonel Indan Gilang B. S.Sos, didampingi Kadiops Lanud Wiriadinata Kapten Lek Jajang Rismanto dan seluruh personel Baseops Lanud Wir.

Menurut keterangan Komandan Lanud Wiriadinata Letnan Kolonel Indan Gilang B. S.Sos, ‘’Dilaksanakannya Latihan Terbang Navigasi Jarak Jauh ini disamping merupakan program pendidikan Skadud 7, juga bertujuan untuk melatih navigasi menggunakan politage atau baca peta, kalkulasi waktu penerbang muda dalam tugas penerbangan jarak jauh diluar home base, dengan melewati berbagai macam rintangan selama penerbangannya. Sehingga diharapkan seusai latihan dan kembali ke home base, para penerbang maupun kru memiliki pengalaman navigasi khususnya secara visual terbang jarak jauh yang memadai dan handal sebagai bekal dalam setiap penugasan’’ Tegasnya.

Sebelum tiba di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, kontingen latihan NJJ mengawali navigasi dari home base hari selasa kemarin dengan rute Sdm-Yani-Juanda kemudian Remain Over Night (RON) di juanda. Setelah itu pada hari rabu melanjutkan penerbangannya menuju adi-Wirasaba- dan (RON) di (Wir) Lanud wiriadinata. 






Sumber : TNI AU

No comments:

Post a Comment