Saturday, November 16, 2013

Hercules Indonesia Angkut 11,8 Ton Bantuan ke Filipina

Bantu Korban Topan, Hercules TNI AU Stand By 1 Pekan di Filipina

Balikpapan (MI) : TNI AU RI terbang menuju Filipina untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban topan Haiyan. Sebanyak 11,8 ton barang diangkut pesawat Hercules C-130 nomor A-1323.

Pantauan Liputan6.com yang ikut bersama rombongan TNI AU, Sabtu (16/11/2013), 11,8 ton barang tersebut di antaranya selimut, tenda, obat-obatan, makanan ringan, dan karpet. Rombongan terdiri dari 16 kru pesawat atau personel TNI AU, 3 staf Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan 8 jurnalis.

Hercules saat ini tengah dalam perjalanan dari Balikpapan menuju Kota Cebu, Filipina. Kemudian pindah ke Tacloban City, sebagai kota paling dengan kerusakan terparah yang dilanda topan Haiyan.

Soal korban tewas topan Haiyan masih simpang siur. Badan PBB Urusan Kemanusiaan (UNOCHA) menyatakan, jumlah korban jiwa hingga saat ini mencapai 4.460. Namun hal itu dibantah langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Filipina (NDRRMC).

Berdasarkan data yang dihimpun NDRRMC, jumlan korban jiwa sekitar 3.621 dari sebelumnya berjumlah 2.360. "Data UNOCHA tak valid," tegas juru bicara NDRRMC, Rey Balido kepada Inquirer.net. Sementara data yang dilansir dari Pemerintah Kota Tacloban, jumlah korban tewas telah mencapai 4.000 jiwa.

Dalam laporan NDRRMC, disebutkan sekitar 11,8 juta telah diungsikan sejumlah wilayah, yakni Visayas Timur, Visayas Barat, Visayas Pusat, Mimaropa, Calabarzon, Bicol, Northern Mindanao, Davao and Caraga.

Bantuan untuk para pengungsi saat ini mulai berjalan setelah sebelumnya sempat terhambat karena akses yang sulit dijangkau. Presiden Filipina Benigno Aquino III meminta jajaran bawahannya untuk lebih cepat mendistribusikan bantuan. 






Sumber : Liputan6

No comments:

Post a Comment