Senin, 16 Maret 2015

Temui Menlu RI, Eks Presiden Swiss Bahas Kejahatan Lintas Negara



Jakarta (MI)Kementerian Luar Negeri kedatangan tamu istimewa. Mantan Presiden yang saat ini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Swiss Didier Burkhalter menyambangi Kantor Kemluuntuk membahas sejumlah hal penting.


Kedatangan delegasi Swiss itu diterima langsung Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Setelah diterima, Menlu Didier dan Menlu Retno langsung menggelar pertemuan bilateral tertutup selama satu jam lebih.



Salah satu persoalan dirundingkan adalah mengenai kejahatan lintas negara. Kedua negara pun sepakat memulai perundingan mutual legal assistent (MLA) antar Swiss dan Indonesia.



"Pada April (2015) nanti tahap pertama negosiasi MLA akan dilaksanakan," kata Menlu Retno Marsudi di Gedung Pancasila kantor Kemlu, Senin (16/3/2015).



"Kami sepekat untuk mendorong agaragrement MLA itu bisa ditandatangani tahun ini," sambung dia.



Retno menekankan bagi Indonesia kerja sama MLA sangat penting. Karena persetujuan itu menjadi dasar sebagai upaya penegakan hukum bagi pelaku kejahatan lintas batas.



"Dan konklusi dari persetujuan MLA adalah untuk memberi pesan bagi komunitas internasional bahwa kedua negara punya komitmen berjuang melawan cross border crime," tandas Retno.






Sumber : Liputan6

1 komentar:

  1. indonesia kerja sama dengan swiss sekutu barat harus di tindak lanjuti dengan srius mantan penguasa dari saman orde baru sampai yg terbaru meyimpan harta milyaran dolar bisa di tarik pulang ke indonesia ....ini berita luar biasa kejahatan luar biasa itu bisa di adili se adil adil nya .

    BalasHapus