Thursday, March 19, 2015

Panhard CRAB, cocok untuk Paspampres


ARC (MI) : TNI dengan program MEF I yang telah berakhir memang sudah melaju kencang dan boleh dikatakan berhasil memodernisasi alutsista TNI yang telah ketinggalan jaman. TNI AD kebagian cukup banyak, namun dari sekian alutsista yang dibeli, Paspampres sebagai kesatuan yang ditugasi mengamankan Presiden RI nampaknya masih tertinggal dalam hal kebutuhan pengadaannya. Walaupun Dronkavser (Eskadron Kavaleri Panser) sudah kedatangan ranpur buatan dalam negeri Anoa, namun kehadirannya dipandang belum memadai untuk melakukan operasi matan. Anoa dipandang hanya mampu menggantikan Commando Ranger milik Dronkavser, namun belum untuk Commando Scout. Ranpur ringan buatan Cadillac Gage ini andal karena lincah, ukurannya kecil, dan enak digeber pada kecepatan tinggi. Lalu apa kira-kira ranpur yang sanggup didapuk menggantikan Commando Scout?

Tiga tahun yang lalu untuk pertama kalinya pabrikan Panhard memamerkan CRAB, kendaraan lincah 4x4 yang didapuk untuk menggantikan Panhard VBL sesuai dengan spek program SCORPION (Synergie du Contact RenforcĂ© par la Polyvalence et l’Infovalorisation) yang bertujuan untuk membuat sistem manajemen pertempuran yang mengarah pada sistem tempur berbasis jaringan – semuanya terhubung.


Salah satu komponen yang masih dicari oleh pemerintah Perancis adalah program VBAE (Vehicule BlindĂ© d’Aide a l’Engagement – Kendaraan tempur pembantu pertempuran). VBAE bertujuan untuk membuka jalan, melakukan pengintaian, pengamanan, screening, dan kalau perlu, operasi penghancuran lawan.VBAE adalah program yang secara khusus memang ditujukan untuk menggantikan VBL yang dianggap sudah kehabisan ruang untuk tumbuh – mengadopsi sistem komunikasi atau persenjataan baru.




CRAB memiliki sistem gerak permanen 4x4, namun keistimewaannya terletak pada kedua sumbu roda yang dapat disetir secara independen. Artinya, gerak roda depan dan belakang bisa berbeda. Fitur ini sangat berguna saat CRAB harus berbelok, sehingga radius putarnya sangat kecil, cocok sekali untuk bermanuver di jalan-jalan sempit, sesuatu yang jamak ditemui di Indonesia khususnya Jakarta.



Keistimewaan lain dari CRAB terletak pada kabinnya. Desain kabin dibuat dalam bentuk sel dengan nama Citadel, yang independen dari kulit luar kendaraan. Barisan tempat duduk dibuat unik: Tiga kursi disediakan pada baris depan, dengan pengemudi di tengah. Pengemudi mengendalikan CRAB melalui setir kemudi yang tak beda dengan kemudi pada mobil sport. Seluruh cluster meter sudah ditampilkan secara digital, melalui layar LCD.Di baris belakang duduk juru tembak yang mengendalikan sistem kubah CPWS buatan CMI Defense Belgia. Perlindungan terhadap ranjau dijamin dengan membuat sistem lantai berlapis dengan rongga di antara, sehingga ledakan ranjau tidak mampu mencapai Citadel. CRAB sendiri memiliki kemampuan menahan impak ranjau sampai STANAG level 3a/b, jadi sangat pantas untuk menggantikan Commando Scout.


Sistem kubah CPWS 20-25-30 dikontrol dengan menggunakan joystick dan membidik melalui layar LCD yang tersaji di depannya. CMI menyediakan tiga macam opsi kanon untuk CPWS: 20mm Rh202, 25mm M242 Bushmaster, atau 30mm M230 seperti milik heli serang AH-64 Apache. Peluru 20mm sama dengan milik Marder, dan 30mm tentu nantinya akan dibeli bersama dengan kedatangan AH-64E Guardian, jadi soal logistik peluru tentu bukan merupakan suatu masalah. 



Selain sistem senjata kanon, tersedia beberapa opsi untuk sistem senjata di atap kendaraan dan setidaknya Panhard sudah siap dengan tiga alternatif: kubah CPWS 20-25-30, sistem rudal anti pesawat Mistral, atau kubah dengan laser designator untuk kendaraan pengarah artileri. Satu fitur ajaib yang mungkin tidak ada pada kendaraan lain adalah sistem catu daya berbasis alternator. Artinya, saat CRAB perlu mengintai di garis depan, kendaraan bisa dibuat senyap dengan mengandalkan motor listrik. Musuh dijamin susah mendengar kedatangan CRAB sehingga unsur kejutan dapat dipertahankan. Sumber tenaga untuk alternator ini dipasok oleh panel tenaga surya dengan efisiensi tinggi yang terpasang di punggung atas CRAB. Walaupun belum ada kepastian untuk pengadaannya, ARCinC mendengar bahwa CRAB merupakan salah satu kandidat utama yang akan dievaluasi untuk menggantikan Commando Scout. Kita ikuti terus perkembangannya!








Sumber : ARC

1 comment: