Kamis, 15 Januari 2015

Sertijab KSAU dimeriahkan atraksi pesawat F-16 dan T-50i


Jakarta (MI) : Prosesi serah terima jabatan (sertijab) Kepala Staf TNI AU (KSAU) dari Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia kepada Marsekal Madya TNI Agus Supriatna berlangsung meriah. Sertijab yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko itu juga dimeriahkan dengan penampilan flypass pesawat- pesawat tempur TNI AU jenis F-16 Fighting Falcon dan T-50i Golden Eagle.

Usai penyampaian amanat dari panglima, acara flypass pun dimulai dengan kedatangan empat pesawat tempur F-16 dan enam pesawat T-50i yang bergabung dalam satu formasi dengan call sign foxtrot flight. Selama tiga menit mereka melakukan dua maneuver, yaitu delta formation dan arrowhead formation dan aksi terakhir ditutup dengan atraksi boomburst.

Selain aksi pesawat F-16 dan T-50i, juga dimeriahkan flypass oleh empat pesawat angkut C-130 Hercules, empat pesawat CN-295 dan empat Helikopter EC-120 Colibri. Kegiatan Sertijab KSAU itu juga dimeriahkan atraksi terjun payung para prajurit Korpaskhas yang diterjunkan dari pesawat C-130 Hercules.

Sementara untuk parade, sedikitnya 2.000 lebih pasukan dilibatkan untuk mendukung hajat pergantian pemimpin tertinggi TNI AU kali ini. Ada tujuh batalyon (Yon) yang dikerahkan, masing-masing adalah Yon Perwira Menengah (Pamen), Yon Perwira Pertama (Pama), Yon Gabungan (Taruna AAU, Wara dan Pomau), Yon Aircrew, Yon Paskhas, Yon Bintara/Tamtama (Ba/Ta) dan Yon PNS.

Sebelumnya beberapa hari menjelang pelaksanaan sertijab, pesawat-pesawat T-50i Golden Eagle tampak melakukan latihan terbang flypass di atas Jakarta. Deru mesin pesawat tempur dan atraksi udara pesawat buatan Korean Aerospace Industries (KAI) itu, sempat membuat detak jantung masyarakat di sekitar Lanud Halim Perdanakusuma deg-degan, lantaran suaranya sangat kencang.











Sumber : Merdeka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar