Friday, July 25, 2014

Militer Tiongkok Perkuat Kerjasama dengan TNI


Jakarta (MI) : Wakil Ketua Komisi Pusat Militer Republik Rakyat Tiongkok, Jenderal Fan Changlong mengunjungi Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta Timur. Fan disambut dengan upacara militer yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

Hadir juga dalam upacara tersebut KSAL Laksama TNI Marsetio, Wakasau Marsda TNI Bagus Puruhito dan pejabat TNI lainnya. Fan tiba di Indonesia pada Rabu (23/7) lalu dan telah melakukan kunjungan ke beberapa pejabat tinggi negara.

Kunjungan dimulai dengan pertemuan bilateral bersama Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan dilanjutkan dengan mengunjungi Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) di Sentul. "Maksud kunjungan tersebut, mengapresiasi hubungan baik dan kerja sama militer kedua negara yang sudah terbina," kata Kadispenum TNI Kolonel Inf Bernardus Robert dalam siaran pers yang diterima detikcom, Kamis (24/7/2014).

Selain itu, menurut Robert, kunjungan Fan ini juga dimaksudkan untuk mencari terobosan baru dalam pengembangan kerja sama militer. Kerja sama dalam bidang pendidikan juga dilakukan dalam bentuk peningkatan kemampuan dan keterampilan bahasa Mandarin bagi personel Perwira TNI.

Kerja sama bidang pertahanan RI-RRT telah dilakukan sejak tanggal 7 November 2007. Pasca penandatanganan nota kesepakatan tersebut, berbagai kerja sama telah dilakukan kedua negara seperti pertukaran perwira dan latihan bersama antara pasukan TNI dan Tentara Pembebasan Rakyat Tiongok.

"Terkait dengan isu Laut China Selatan kedua belah pihak Indonesia dan Tiongkok, memiliki peluang kerja sama yang luas di Laut China Selatan, sehingga wilayah itu menjadi aman dan mampu memberikan manfaat bagi kemakmuran kawasan," ujar Robert.

Kunjungan ini, menurut Robert, juga mengapresiasi hubungan yang telah dijalin oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam rangka untuk meningkatkan hubungan kemitraan yang strategis dan komprehensif serta mendorong hubungan bilateral dan perkembangan hubungan militer kedua negara.







Sumber : Detik

No comments:

Post a Comment