Sunday, December 22, 2013

TNI Bangun Jalan Raya 40 Km di Kongo


Headline
Jakarta (MI)Prajurit TNI yang ditugaskan di Kongo Afrika berhasil menorehkan prestasi. Mereka membangun akses jalan di Kongo sepanjang 40 km.

Selama setahun lamanya, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XX-J/MONUSCO dibawah pimpinan Letkol Czi Irfan Siddiq selaku Komandan Satgas, berhasil memperbaiki dan membuka jalan.

Jalan yang dibangun itu antara Dungu-Ngilima di Republik Demokratik Kongo sepanjang 40 Km sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.

Keberhasilan ini ditandai dengan acara serah terima pekerjaan jalan dari pihak MONUSCO (Mission de I’Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) kepada Pemerintah Lokal.

Dalam acara tersebut, dilaksanakan penandatangan naskah serah terima hasil pekerjaan jalan sepanjang 40 Km.

Serah terima dilakukan antara Pejabat Sementara Head of Office MONUSCO, Mr. Leonidas Nkingiye, Kepala Administrasi Otoritas Lokal Dungu, Mr. Christopher Ikando dan Komandan Satgas Konga XX-J, Letkol Czi Irfan Siddiq. Serah terima dilakukan di Aula Sudirman, Bumi Nusantara Camp, Dungu-Kongo, Sabtu waktu setempat (21/12/2013).

Sebelum acara serah terima dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan Joint Inspection yang melibatkan beberapa pejabat sipil PBB dan Pemerintah Lokal.

Inspeksi dimulai dari titik awal atau KM 0 tempat dimulainya pekerjaan perbaikan jalan (Dungu) dan berakhir pada KM 40 (Ngilima).

Jalan yang terbentang diantara hutan dan rawa ini telah membuka keterisoliran warga masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah tersebut. Masyarakat pun menyambutnya dengan kebahagiaan serta apresiasi yang tinggi atas keberhasilan ini.

Kini, jalanan yang dulunya berlubang, berbatu dan bergelombang maupun tergenang air manakala hujan turun sudah tidak ada lagi. Karena telah berubah layaknya jalan tol yang membelah hutan dan rawa.

Dengan kondisi jalan sekarang, masyarakat dapat menempuh perjalanan antar kedua kota tersebut hanya dalam waktu 1,5 jam, dimana sebelumnya harus ditempuh dalam waktu 4 sampai dengan 5 jam.

Hal ini menimbulkan implikasi positif pada kelancaran mobilitas barang dan jasa antar kedua daerah, sehingga laju pembangunan dan perekonomian masyarakat meningkat ke arah yang lebih baik.

Selain itu, stabilitas keamanan di daerah tersebut dapat semakin terjamin karena patroli keamanan dapat berjalan secara rutin tanpa adanya hambatan.

Perlu diketahui, jalan Dungu-Ngilima ini merupakan daerah basis pergerakan pemberontak LRA (Lord Resistance Army) yang sering membuat kekacauan.

Usai penandatangan serah terima pekerjaan jalan, Head of Office MONUSCO, Mr. Leonidas Nkingiye dan Kepala Administrasi Otoritas Lokal Dungu, Mr. Christopher Ikando mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Prajurit TNI Satgas Kizi TNI Konga XX-J.

Mereka memberi penghargaan tinggi atas dedikasi dan kerja keras Prajurit TNI selama ini sebagai bagian dari personel perdamaian dunia PBB di Kongo dalam memberikan kontribusi terhadap perkembangan pembangunan infrastrukur dan sarana prasarana umum masyarakat Kongo.





Sumber : INILAH

No comments:

Post a Comment