Monday, December 23, 2013

Indobatt Cegah Kontak Tembak Lebanon-Israel

Indobatt Cegah Kontak Tembak Lebanon-Israel

Lebanon (MI)Rencana Israeli Defence Forces (IDF) untuk melakukan pemotongan pohon tumbang yang menimpaTechnical Fence, di daerah Blue Line tepatnyadi TP-37 telah menimbulkan reaksi dari pihak Lebanon.

Informasi awal dari Sector East Tactical Operation Center (SECEAST TOC), IDF akan melaksanakan pemotongan pohon tersebut, Jumat (20/12) pukul 08.00 waktu setempat. Rencana tersebut langsung memancing reaksi dari berbagai pihak.

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Indobatt segera dikerahkan sejak Jumat pagi (20/12) pukul 06.00 waktu setempat menuju TP-37 dan berjaga sepanjang jalan Blue Line atas perintah Komandan Satgas Indobatt XXIII-H/UNIFIL, Letkol Inf M. Asmi. 
Beberapa personil dari OGL (Observers Group in Lebanon), LAF, Wartawan lokal, Spain BattalionLocal Police dan masyarakat setempat secara berturut-turut mendatangi lokasi kejadian sejak Jumat pagi pukul 07.00.


Komandan Satgas Indobatt, Pasi MIO (Military Information Officer) Lettu Inf Cahyo, Pasiops FP (Force Protection) Lettu Mar Erwan Putra, Komandan Kompi "A" Lettu Inf Ading yang saat itu sudah berada di lapangan segera melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar peristiwa yang terjadi pada tanggal 3 Agustus 2010 lalu tidak terulang kembali.
banon-sub
Kondisi di sepanjang Blue Line yang sehari-hari biasanya lengang berubah menjadi ramai dan menegangkan karena dari kedua pihak baik LAF maupun IDF masing-masing bersenjata lengkap.
Prajurit TNI segera menempatkan diri berada di tengah-tengah antara tentara LAF dan IDF dibawah pimpinan Lettu Mar Indra Batubara dan Lettu Inf Maulana. Beberapa personil TNI berdiri menghadap ke arah tentara LAF dan sebagian yang lain menghadap ke arah IDF sambil mengibar-ngibarkan Bendera UN (United Nation) sebagai pertanda bagi kedua pihak bahwa pasukan UNIFIL (United Nation Interim Force in Lebanon) telah hadir di antara mereka.

Komandan Satgas memerintahkan kepada para prajuritnya agar senantiasa awas dan waspada selama menengahi antara tentara LAF dengan IDF.





Sumber : TNI

No comments:

Post a Comment