Thursday, December 26, 2013

Peluncuran Roket Pertahanan di Pulau Morotai



Morotai (MI) : Pada tanggal 18 Desember 2013, telah dilakukan peluncuran beberapa unit Roket Pertahanan. Acara ini yang diselenggarakan oleh Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) bersama dengan Konsorsium Roket Nasional yang terdiri dari Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pertahanan, serta beberapa perusahaan BUMN seperti PT Pindad (Persero), PT Dahana (Persero), dan PT Dirgantara Indonesia (Persero).
Peluncuran Roket Pertahanan ini dilakukan untuk menjajaki kelayakan lokasi yang rencananya akan dibangun tempat peluncuran roket pembawa satelit oleh LAPAN. Tempat peluncuran yang berlokasi di Desa Sangowo, Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Pulai Morotai, Propinsi Maluku Utara ini dianggap cocok untuk peluncuran satelit karena berada di dekat garis khatulistiwa.
Beberapa unit roket pertahanan yang diluncurkan adalah 2 unit RHan 122A, 4 unit RHan 122B, dan 2 unit RX 2020. Dalam peluncuran roket di Morotai ini, PT Pindad (Persero) menyediakan roket dan peluncurnya sebagai bentuk dukungan. Hasilnya pun memuaskan, semua unit roket dapat meluncur dan berfungsi dengan baik tanpa halangan yang berarti.
Turut hadir dalam acara ini adalah Bupati dan Wakil Bupati Pulau Morotai, Kasdam 14 Pattimura, Danlanal, Danlanud, Kepala Lapan dan beberapa Deputi, serta Sesbalitbang Kementerian Pertahanan. Semoga keberhasilan peluncuran roket ini mengawali keberhasilan PT Pindad (Persero) dalam pengembangan roket di masa depan. 



Sumber : BUMN

3 comments:

  1. segera pasang di pantai sekitar batam

    ReplyDelete
  2. bodi roket tampak digambar atas-lumayan bongsor..mirip ASTROS2 kliber 180 mm- TNI segera boroong ini mlrsRHAN-selain RHAN indonesia juga produk NDL40cal70mm dg max range fire 8 km..yg cocok untuk gantikan canon 76mmTNI- sy tanya:satuan armed TNI manakah yg sudah pake NDL40- mohon diulas NDL40..

    ReplyDelete
  3. Kalau jadi morotai menjadi tempat peluncuran, bgmn keamanannya krn sangat rawan atas gangguan orang2/negara yg tdk senang kalau Indonesia mengadakan peluncuran roket utk penelitian dan kami menyarankan kekuatan TNI AU hrs membek up spt di PT DI dlm areal militer. Salam NKRI.......................................

    ReplyDelete