Saturday, December 28, 2013

ALUTSISTA KODAM BAKAL DIPERKUAT

TNI

AMBON (MI) : Guna meningkatkan pengamanan dan menjaga daerah NKRI khususnya di wilayah Kodam XVI/Pattimura, dalam waktu dekat Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang ada akan diperkuat dan ditingkatkan. Peningkatan ini terutama pada aspek transportasi laut mengingat wilayah Kodam XVI Pattimura merupakan wilayah kepulauan.

“Memang kita sedang menyusun renstra anggaran TNI AD tahun 2015 sampai 2019 untuk memperkuat pengamanan di daerah NKRI demi pertumbuhan ekonomi bangsa. Maka wilayah Maluku ini juga menjadi perhatian kita dalam memperkuat alutsistanya,” tutur Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Letjen TNI Budiman di Makodam XVI/Pattimura, Kamis (26/12).

Dikatakan, peningkatakn alutsista di wilayah Kodam XVI/Pattimura akan difokuskan pada sarana transportasi laut. ”Peningkatan alutsista ini sudah pasti. Untuk Maluku kita akan menambahkan armada kapal laut yang lebih representatif karena kondisi laut di Maluku yang sedemikian rupa,” tukasnya. 

Menurut dia, kapal yang akan diberikan kepada Kodam XVI/Pattimura sebanyak 3 unit dengan kapasitas muat 40 prajurit. Sedangkan untuk tingkat Kodim, tambah Budiman, pihaknya mepersiapkan kapal dengan kapasitas 20 personil. ”Kapal tersebut masih dikerjakan dan bila tidak ada hambatan April 2014 sudah selesai,” ungkapnya.

Selain armada, tambah dia, peralatan alutsista lain juga akan diperhatikan demi peningkatan pengamanan dan menjaga daerah ini. ”Nanti kita lihat apa yang ada di Kodam XVI/Pattimura. Dengan langkah ini diharapkan peran TNI di daerah ini akan lebih baik,” kuncinya. 





Sumber : Ambonekspres

No comments:

Post a Comment