Monday, April 1, 2013

PENUTUPAN LATIHAN UTP DAN UPACARA TRADISI KENAIKAN PANGKAT



Pontianak (MI) : Bertempat di lapangan apel Markas Batalyon 465 Paskhas, pukul 07.00 WIB, Senin (01/4/2013) Komandan Batalyon 465 Paskhas Letkol Psk Soleh, S.Pd., M.M. secara resmi telah menutup latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) TW 1 TA. 2013 yang diikuti oleh seluruh anggota Batalyon 465 Paskhas.
Kegiatan UTP telah dilaksanakan prajurit Batalyon 465 Paskhas selama seminggu yang lalu, dimana materinya terdiri dari Rappelling, Mountainering, Fastrope, Lempar Pisau, Pengetahuan Senjata, Halang Rintang, Pioner, Speed Mars, Renang Militer, Menembak Laras Panjang dan Pendek, Lintas Medan, IMPK dan GPS. ”Dalam latihan UTP ini diharapkan bisa menjadi tonggak dan tolak ukur kedepan yang akan berlanjut ke latihan UTP TW II tingkat kelompok dan TW III tingkat satuan serta TW IV tingkat antar satuan, yang mana hasil dari latihan ini akan kita aplikasikan pada tugas operasi ke depan”, jelas Danyon 465 Paskhas dalam sambutannya.
Selanjutnya pukul 08.00 WIB, Danyon 465 Paskhas memimpin upacara tradisi kenaikan pangkat prajurit Batalyon 465 Paskhas yang berjumlah 34 anggota, terdiri dari 20 anggota berpangkat pratu naik setingkat lebih tinggi ke pangkat Praka dan 14 anggota yang berpangkat Praka naik setingkat lebih tinggi ke pangkat Kopda. Danyon berpesan kepada prajuritnya yang mendapatkan anugerah kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya agar lebih meningkatkan kwalitas dan memiliki tanggungjawab yang lebih tinggi. Kenaikan pangkat merupakan suatu kesejahteraan bagi prajurit yang mana untuk memperoleh kenaikan pangkat tidaklah mudah dan harus dengan dedikasi dan loyalitas yang tinggi, selain harus melalui kriteria dan persyaratan yang ketat diantaranya harus mendapat persetujuan dari atasan, prestasi kerja yang baik dan telah memenuhi masa dinas kerja dan yang bersangkutan juga harus melaksanakan security clearance dari Intelpam.
Setelah upacara kenaikan pangkat dilanjutkan dengan acara tambahan yaitu tradisi masuk lumpur dan kolam yang diiringi dengan suara tembakan dan ledakan di Markas Batalyon. Tradisi naik pangkat yang sudah menjadi acara turun temurun prajurit Yon 465 Paskhas. Suasana tradisi semakin meriah karena melibatkan seluruh prajurit Batalyon 465 Paskhas mulai dari Tamtama, Bintara dan Perwira dan dilanjutkan dengan acara siraman bunga ke anggota yang naik pangkat dan syukuran serta makan siang bersama di Markas Batalyon 465 Paskhas.



Sumber : TNI AU

No comments:

Post a Comment