Saturday, April 6, 2013

KASAL RESMIKAN GEDUNG MAKO LANAL PALU



Palu (MI) : Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI DR. Marsetio meresmikan Gedung Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palu di Jalan Trans Sulawesi Palu Donggala Desa Watusampu Kecamatan Ulujadi, Kota Palu, Jumat (5/4/2013).
Kegiatan peresmian kantor baru Mako Lanal Palu tersebut dihadiri para pejabat Mabesal, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H, M.Hum, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan pejabat terkait lainnya. Dalam peresmian tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Arrahmah yang berada disebelah kanan Mako Lanal Palu.
Dalam kesempatan tersebut Kasal mengatakan, bahwa pembangunan Gedung Mako Lanal Palu ini adalah salah satu upaya untuk membantu pengamanan NKRI terutama di bagian laut. Dikatakan oleh Kasal, bahwa kondisi laut saat ini masih rawan gangguan keamanan sehingga untuk menciptakan stabilitas diciptakan sarana dan prasarana yang memadai.
“Tidak ada dermaga lain seperti milik Lanal Palu yang berada di teluk dengan kedalaman laut ideal,”kata Kasal menegaskan. Pada kesempatan tersebut Kasal juga meminta, segenap jajaran prajurit TNI AL Lanal Palu untuk merawat Markas yang baru dibangun dan diresmikan itu dengan baik. “Jangan lupa selalu koordinasi dengan intansi lain dan masyarakat untuk menciptakan hubungan harmonis,“ kata Kasal.
Markas Komando Lanal Palu yang berada di Kecamatan Ulujadi itu berdiri di atas lahan seluas 2,8 hektare. Bangunan tersebut menghadap ke Teluk Palu, dan dibangun sejak dua tahun silam. Pembangunan Mako tersebut akan terus dikembangkan, yakni dengan membuat mess prajurit dan bangunan pendukung lainnya.
Dengan telah diresmikannya Mako Lanal Palu yang baru, maka keberadaan Mako Lanal Palu lama yang berada di Jalan Yos Sudarso masih tetap difungsikan, khususnya untuk pelayanan kesehatan anggota dan Pomal. Seusai meresmikan Mako Lanal Palu, Kasal dengan didampingi Pangarmatim dan pejabat lainnya melaksanakan penanaman pohon.





Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment