Sunday, March 31, 2013

The Jupiters Pukau Masyarakat Langkawi


langkawi (MI) : Penampilan The Jupiter Aerobatic Team TNI Angkatan Udara dihari keempat Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2013 (LIMA’13) yang diperuntukan umum memukau ribuan pengunjung khususnya masyarakat Langkawi, Jum’at (29/3).
The Jupiter yang diterbangkan oleh para instruktur penerbang dari Skadron Pendidikan (Skadik) 102 Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta, tidak saja memukau masyarakat namun juga para penerbang aerobatik dari Malaysia dan Russia.
“Saya sangat salut formasinya rapi, gerakannya bagus dan jarak antar pesawat terjaga”, ujar Major Shamsul salah satu penerbang aerobatik dari TUDM “Krisakti”.

Hal senada juga dikatakan penerbang aerobatik “Russian Knight” dari Angkatan Udara Russia, sangat sulit aerobatik dengan pesawat bermesin propeler, lebih mudah menggunakan pesawat bermesin jet, ujarnya.
Dihari keempat the Jupiters masih mengandalakan akrobatik andalannya seperti Jupiter Roll, Arraw Head Loop, Clover Leaf, Leader Benefit, Arraw Head Loop-Break Off, Half Cuban-Jupiter Wheel, Tanggo To Diamond Loop, Mirror, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Kite Barrel Roll, jupiter Roll Back, Knife Edge dan Arraw Head Loop-Bomb Burst.

The Jupiters dipimpin oleh Letkol Pnb Dedy “Leopard” Susanto, dengan Mayor Pnb Frando “Fennec” Marpaung sebagai Right Wingman, Kapten Pnb I Gusti Ngurah “Greyhound” Adi Brata Left Wingman, Mayor Pnb H.S “Condor” Romas Slot, Mayor Pnb H.M “Razor” Kisha Lead Syncro dan Mayor Pnb Marcellinus “Tiger” Dirgantara sebagai Syncro.

Keterangan gambar: Para penerbang aerobatik The Jupiter usai manuver di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2013 (LIMA’13) yang memukau ribuan pengunjung khususnya masyarakat Langkawi. Tampak pula aksi The Jupiter dalam manuver Andalannya di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2013 (LIMA’13) memukau ribuan pengunjung khususnya masyarakat Langkawi, Jum’at (29/3). 


Penerbang Jupiter Diserbu Masyarakat



Dihari kelima penyelenggaraan Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2013 (LIMA’13) Sabtu (30/3) tim aerobatik TNI Angkatan Udara “The Jupiters” sangat mendapat sambutan masyarakat Malaysai yang memadati LIMA’13.
Ketika tim aerobatik The Jupiters saat melakukan aksinya banyak mendapat aplus dari masyarakat yang hadir pada demo udara tersebut dan selesai melakukan aerobatik para penerbang the Jupiter langsung menuju para penonton yang memadati area statik show. Dan langsung mendapat serbuan dari masyarakat yang ingin berfoto dengan tim aerobatik kebangganan masyarakat Indonesia.

Di gedung Mashuri International Exhibition Center (MIEC) para penerbang The Jupiters juga di cegat para pengagumnya untuk berkesempatan berfoto, para pengunjung secara bergantian mengambil gambar sebagai kenangan.
Menteri Pertahanan Malaysia Ahmad Zahidi Hamidi yang masih keturunan Wates-Kulonprogo Yogyakarta, mengaku sangat kagum dan mengucapkan terma kasih dengan penampilan tim aerobatik The Jupiters yang sangat mengagumkan.
"Saya juga akan kirim balasan pada Indo Defence mendatang, untuk menampilkan tim aerobatik TUDM Smooky Bnadit”, ujarnya.

Tidak hanya para penerbang The Jupiter yang diserbu masyarakat, namun souvenir The jupiters juga habis diserbu warga yang menginginkannya.
“Tiap tim aerobatik mengeluarkan cenderamata masing-masing mulai dari stiker, pin, badge, kaos hingga topi, yang tujuannya agar tim aerobatik mereka dapat lebih dikenal di masyarakat dan sebagai kenangan bagi yang mendapatkannya”, ujar Mayor Pnb. Ferry Yunaldi salah satu tim aerobatik The Jupiters.
Keterangan gambar: Tim aerobatik TNI Angkatan Udara “The Jupiters” saat diteriman Menhan Malaysia Dato’ Seri Ahmad Zahidi Hamidi usai melakukan atraksi udara LIMA’13. Sementara itu tampak pula Tim aerobatik TNI Angkatan Udara “The Jupiters” memberikan cenderamata kepada para pengunjung usai melakukan atraksi udara LIMA’13. Sabtu (30/3).



No comments:

Post a Comment