Saturday, April 6, 2013

KRI-DIPONOGORO-365,AWALI TUGAS DI AREA OF MARITIME OPERATION LAUT MEDITERANIA



Beirut (MI) : KRI Diponegoro-365 beserta Satgas Maritim TNI Konga XXVIII/E UNFIL 2013 memulai tugas perdananya sebagai peacekeeper di Area of Maritime Operation (AMO) laut Mediterania, kapal bertolak dari dermaga Beirut, Jumat (5/4/2013).
Sesuai mandat United Nations Security Council Resolution 1701 tahun 2006, Satgas Maritime ini bertugas untuk melaksanakan Surveilance & Maritime Interdiction Operation (MIO) sepanjang 180 km garis pantai Lebanon untuk mencegah masuknya senjata ilegal dan bahan terkait lainnya masuk melalui perairan Lebanon serta melatih Lebanese Armed Force (LAF) Navy dalam menjaga perairannya.
Dua hari selama sandar di Beirut, pada hari pertama, Komandan Satgas Maritim TNI Konga XXVIII/E UNIFIL Letkol Laut (P) Hersan, S.H. didampingi oleh Chief of  Staff  MTF  Kolonel Laut (P) Dwi Sulaksono melaksanakan Courtesy Call ke pejabat sementara Kepala Staf angkatan Laut Beirut (Officer in charge of Laf Navy) Commodore Nazif Zubaidah. Kunjungan diakhiri dengan tukar menukar cendera mata.
Pada hari yang sama di KRI Diponegoro-365, sebanyak 100 orang Satgas MTF Unifil membuat ID Card sebagai tanda resmi menjadi Pasukan PBB. Sedangkan kegiatan lainya KRI DPN-365 melaksanakan pengecatan Tanda UN di Lambung kanan dan kiri KRI, untuk Helicopter NV 409 melaksanakan penempelan sticker UN di badan helly kanan kiri serta di bawah badan helly.
Pada hari kedua sandar, Satgas MTF Unifil kegiatanya sangat padat diantaranya mendapatkan kunjungan COE (Contingent Owned Equipment) dari Unifil yang tujuanya menanyakan dan memeriksa secara fisik tentang kelaikan dan kesiapan KRI Diponegoro-365 dan Helicopter sebagai Unsur MTF Unifil di bawah naungan PBB. Hasil dari pemeriksaan dari tim COE dinyatakan KRI Diponegoro-365 laik dan siap sebagai salah satu Unsur MTF Unifil 2013.
Secara paralel Satgas pun menerima Induction Training N-1 sampai N-7 yaitu mendapatkan pengenalan pembekalan tentang tugas Staf-staf yang berada di Unifil yang membawahi unsur-unsur MTF (Maritime Task Force) salah satu unsur tersebut KRI Diponegoro-365.
Di hari yang sama juga Satgas MTF menerima sosialisasi HIV dan pengenalan conduct and discipline tentang standar tingkah laku dan disiplin sebagai pasukan PBB dari staf Unifil, acara selesai hingga sore hari waktu setempat, dilanjutkan Komandan Satgas MTF Unifil Letkol Laut (P) Hersan, S.H. di dampingi oleh Chief of  Staff MTFKolonel Laut (P) Dwi Sulaksono melaksanakan kunjungan resmi kepada Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) Bpk. Dimas Samudra Rum.
Kunjungan tersebut merupakan kunjungan balasan dari Komandan KRI Diponegoro-365, setelah kedatangan KRI disambut dan dikunjungi oleh Dubes RI untuk Beirut tersebut. Dalam kunjungan itu Komandan Satgas sekaligus pamitan akan melaksanakan tugas pertamanya sebagai Satuan Tugas Maritim yang bertugas di Lebanon. Kunjungan diakhiri dengan tukar menukar cindera mata.




Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment