Friday, March 22, 2013

Satgas Indobatt Turut Peringati Berdirinya UNIFIL


Satgas Indobatt Turut Peringati Berdirinya UNIFIL

Lebanon (MI)Sebanyak 1 Pleton Pasukan Garuda XXIII-G/UNIFIL sejak pagi hari sudah menempatkan diri diantara barisan dari kontingen negara lain di lapangan upacara sektor barat-Naqoura beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut adalah dalam mendukung peringatan UNIFILEstablishment Day Celebration yang jatuh tepat tanggal 19 Maret lalu. 
Komandan Pasukan Garuda XXIII-G/UNIFIL, Mayor Inf Lucky Avianto yang juga hadir dalam undangan tersebut mengatakan, perayaan ini adalah sebagai bentuk penghargaan kepada seluruh negara yang tergabung dalam UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) termasuk diantaranya adalah Kontingen Indobatt (Indonesia Battalion) yang telah bergabung dengan UNIFIL sejak tahun 2006. 
Menurut Inspektur Upacara, Mayjen Paolo Serra yang juga menjabat sebagai Komandan sektor barat mengatakan bahwa hingga saat ini tercatat 12.000 prajurit dari 38 negara serta 1000 staf sipil dari manca negara dan beberapa diantaranya juga dari penduduk lokal Lebanon yang mengabdi dan berjasa atas keberlangsungan UNIFIL. 
Mayjen Paolo juga menambahkan bahwa dalam perayaan ini juga menandakan bahwa keberadaan kita sebagai Peacekeepers di Lebanon ini adalah merupakan kepercayaan yang diberikan oleh PBB karena hingga saat ini kita semua masih dapat berpartisipasi dalam misi perdamaian ini. Untuk itu Mayjen Paolo mengajak kepada semua kontingen agar dapat terus bahu-membahu dan mengerahkan seluruh kemampuannya demi terciptanya perdamaian di Lebanon ini. 
Dalam upacara tersebut juga dilaksanakan peletakan karangan bunga oleh Komandan sektor barat guna mengenang jasa-jasa para prajurit yang telah gugur demi mempertahankan perdamaian. Turut hadir dalam perayaan tersebut, Komandan sektor timur, Brigjen Teodor Alonso, para komandan unit satuan, seluruh komandan kontingen yang tergabung dalam UNIFIL, pejabat militer LAF (Libanis Armed Forces) serta para pejabat sipil dan tokoh masyarakat.



Sumber : TNI

No comments:

Post a Comment