Saturday, March 23, 2013

KAPAL PINTAR MANDIRI 1 BANTUAN SIKIB RESMI DIOPERSIKAN LANTAMAL IV



Kepri (MI) : Wilayah Kepulauan Riau dan sekitarnya mendapat kehormatan dan kepercayaan untuk menerima dan mengoperasikan Kapal Pintar yang merupakan bagian dari program pemerintah, yaitu “Program Indonesia Pintar” yang dicanangkan oleh Solidaritas Istri Kabinet Bersatu (SIKIB), hal ini dikatakan Pangarmabar Laksamana Muda TNI Arief Rudianto, S.E. melalui Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Agus Heryana, S.E. pada acara penyambutan dan peresmian Kapal Pintar Mandiri 1, bertempat di Fasharkan Mentigi Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Jumat (22/3/2013).
Acara penyambutan dan peresmian Kapal Pintar Mandiri 1 oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Drs. H.M. Sani dihadiri unsur FKPD Provinsi Kepri, Kadismatal Laksma TNI Bambang Naryono, para Asisten Danlantamal IV, Kafasharkan Mentigi, para Komandan Satuan TNI/POLRI wilayah Kepri, perwakilan PT Bank Mandiri (Persero), perwakilan PT Palindo Marine Shipyard Batam serta undangan lainnya.
Lebih lanjut Pangarmabar IV mengatakan; Kapal Pintar Mandiri 1 yang dibuat oleh PT Palindo Marine Shipyard Batam atas kerjasama TNI Angkatan Laut dengan PT Bank Mandiri (Persero), merupakan kapal multi fungsi yang dibuat sebagai sarana perpustakaan bergerak, yang dilengkapi buku-buku pengetahuan dan pelajaran untuk anak-anak usia sekolah, alat peraga dan perangkat Informasi Teknologi (IT) yang terkoneksi dengan jaringan internet.
Kapal Pintar dengan panjang kurang lebih 16 meter, lebar 3,5 meter, dengan kapasitas penumpang 29 orang, serta dilengkapi dengan anjungan, ruang baca, komputer, internet, alat navigasi komunikasi dan perlengkapan keselamatan, maka diyakini dapat menjangkau pulau-pulau kecil yang tidak terjangkau oleh sarana transportasi laut lainnya.
Sebagai wujud kepedulian dan komitmen TNI Angkatan Laut untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa dan mendukung pemerintah daerah, melalui program bhakti TNI Angkatan Laut, telah melaksanakan kesepakatan dengan beberapa pihak yang dapat mendukung terwujudnya program yang direncanakan, sehingga seiring dengan program Indonesia Pintar, gagasan tersebut dapat diwujudkan.
Melalui peresmian penggunaan Kapal Pintar Mandiri 1 yang nantinya akan diawaki oleh personel dari TNI AL/Lantamal IV ini, diharapkan bagi masyarakat di Kepulauan Riau, terutama di pulau-pulau terpencil dapat memanfaatkan keberadaan Kapal Pintar Mandiri 1 ini untuk menambah wawasan melalui buku-buku dan sarana informasi lain yang tersedia serta menumbuhkan jiwa dan semangat untuk memajukan taraf pendidikan di daerah-daerah yang dikunjungi oleh Kapal Pintar ini.
Diakhir sambutannya Pangarmabar mengatakan;  TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal IV mampu berbuat lebih aktif dalam membantu Pemerintah Daerah Kepulauan Riau dan sekitarnya untuk memajukan kualitas pendidikan, menumbuhkan semangat membaca dan menanamkan semangat kebaharian masyarakat yang ada sebagai bentuk pembinaan potensi maritim yang ada di wilayah kerja Lantamal IV.



Sumber : TNI AL

No comments:

Post a Comment