Wednesday, March 20, 2013

Prajurit Marinir Latihan Renang Laut



Surabaya (MI) : Prajurit Marinir dari Batalyon Infantri (Yonif) 1 Marinir Surabaya latihan renang laut disekitar perairan Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Rabu (20/03). Kemampuan renang laut bagi prajurit Marinir merupakan hal yang mutlak dikuasai dan dilatihkan secara rutin guna menghadapi tantangan tugas operasi sewaktu-waktu.

Latihan renang laut tersebut dikenal juga dengan istilah renang militer, renang ketahanan atau renang rintis, yang biasa dilakukan oleh pasukan pendarat Marinir pada saat gelar operasi amfibi. Adapun kegiatan latihan ini diikuti sekitar 30 prajurit Marinir dari Yonif-1 Pasukan Marinir 1 Surabaya, yang dipimpin langsung oleh Komandan Kompi Aligator Yonif-1 Mar, Kapten Marinir Fernando.

Perairan laut yang aman, luas dan bebas dari lalu lintas kapal-kapal, merupakan salah satu faktor mengapa prajurit amfibi itu memilih wilayah laut Dermaga Koarmatim sebagai tempat latihan mereka. Selain itu Dermaga Koarmatim juga memilki fasilitas pendukung latihan seperti Dermaga Perahu Karet dan Sea Rider serta kendaraan air lainnya.

Para perenang tempur (combat swimmer) tersebut melaksanakan latihan renang tidak menggunakan alat bantu seperti fins dan masker. Namun hanya dibekali pelampung yang terpasang dipungung mereka masing-masing. Diawali dengan pemanasan kemudian melaksanakan praktek dengan pakaian renang, selanjutnya renang menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) lengkap.

Renang dengan PDL lengkap tidak semudah berenang dengan pakaian renang biasa. Hal itu merupakan tantangan yang harus dihadapi setiap prajurit Marinir. Bahkan dimedan tugas sebenarnya, pasukan pendarat amfibi tersebut menggunakan PDL lengkap dan membawa senjata, amunisi serta perbekalan lainnya.

“Kemampuan renang laut bagi prajurit Marinir perlu dikuasi sehingga mampu untuk mendukung tugas, baik tugas administratif ataupun tugas taktis, selain itu juga sebagai persiapan menghadapi puncak Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2013”, kata Komandan Kompi Aligator.

Di jajaran TNI Angkatan Laut pasukan Marinir adalah salah satu bagian dari Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT), yang memilki tugas khusus dalam menyelenggarakan tugas opersi amfibi (amphibius operation).




Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment