Thursday, February 28, 2013

Latihan Formasi “Jupiter Aerobatic Team” hadapi Langkawi Airshow



Yogyakarta (MI) : Jupiter Aerobatic Team (JAT) akan tampil di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2013. Diselenggarakan diwilayah utara negara Malaysia, Langkawi Air Show merupakan event tahunan yang cukup besar. Event yang digelar mulai 26-30 Maret 2013 ini merupakan ajang pameran kedirgantaraan dan pamer produk alutsista kedirgantaraan.
Menurut rencana JAT akan berangkat menuju langkawi tanggal 26/3 dan akan singgah dulu ke Jakarta. Membawa 43 crew termasuk Pilot, teknisi dan para pendukung lainnya. Guna mempersiapkan diri dalam mengikuti event tersebut dibawah Flight Leader Letkol Pnb Dedy “Leopard” Susanto, SE, bersama Tim Jupiter aerobatik latihan keras di lanud Adi Sutjipto Rabu (27/2). Tim Jupiter yang masing-masing diawaki oleh May Pnb Frando marpaung, May Pnb HS. Romas, May. Pnb Marcelinus, May Pnb HM Kisha, Kapt Pnb IB Adi Brata.
Usai biefing tim aerobatik langsung menuju selter KT-1B Wong Bee, Team Aerobatik setelah taxi in langsung terbang Pattern dan mengelilingi landasan Lanud Adi Sutjipto. Formasi yang di tampilkan tidak lebih 10 formasi tanpa henti. Kegiatan latihan disudahi pukul 11.00 WIB. Kegiatan latihan formasi ini hanya menjaga kekompakan dan menjaga kebugaran. Demikian disampaikan Myr Pnb HM “Razor Ksha.
Tim Aerobatik Jupiter melakukan atraksi manuver salah satunya : Jupiter Roll, Loop, XClover Leap, Mirror, Tango to dan Jupiter Roll back. Hi “G” TurnRoll Slide dan Break Off.
Letkol Pnb Dedy “leopard” Susanto, SE. Menjelaskan bahwa “Team aerobatik ini adalah kebanggaan Indonesia, dan team aerobatik sebuah negara merupakan salah satu indikator profesionalismeI AU. Oleh karenanya sekali lagi kita sampaikan bahwa ini adalah kebanggaan Masyarakat Indonesia. Dan kita sudah berkali-kali diundang di negara tetangga seperi beberapa saat yang lalu diundang Angkatan Udara Thailand dalam Centennial of RTAF Founding Father Aviation atau 100 tahun penerbangan Thailand.” Jelasnya.
Pada kesempatan terpisah usai acara Sertijab Gubernur AAU Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia dihadapan Perwira Lanud Adi Sutjipto dan Instruktur Penerbang TNI AU beliau menyampaikan kebanggaannya kepada Jupiter Aerobatic team. “Saya titip nama TNI AU dan kebanggaan bangsa Indonesia, laksanakan safety always,” pesannya.


Sumber : TNI AU

No comments:

Post a Comment