Monday, February 25, 2013

Kadiskes Koarmatim Buka Latihan Kesehatan Tingkat 1



Surabaya (MI) : Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Koarmatim Kolonel Laut (K) Primadya, M.A.P., membuka Latihan Kesehatan (Latkes) tingkat 1 tahun 2013, bertempat di Lapangan Apel Diskes Koarmatim, Ujung, Surabaya, Senin, (25/02). Acara dihadiri para pejabat dan peserta latihan kesehatan tersebut.

Dalam sambutannya Kadiskes Koarmatim menyampaikan beberapa hal diantaranya, latihan kesehatan tingkat 1 merupakan wahana refreshing dan mengingat kembali dasar-dasar ilmu kesehatan kelautan dan kegawatdaruratan. Selain itu latihan ini juga berfungsi untuk mengukur hasil pembinaan dinas kesehatan TNI AL dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kemampuan serta profesionalisme prajurit kesehatan TNI AL.

Dikatakan Kadiskesarmatim, bahwa latihan ini sangat memberikan manfaat terutama bagi unsur kesehatan, karena apa yang dilatihkan akan mendekati realita dalam pelaksanaan dukungan kesehatan pada operasi dan latihan yang sebenarnya. Dengan demikian latihan ini  dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan teknis medis dan evakuasi medis khususnya  pada kasus-kasus kegawatdaruratan pada korban tenggelam dan pengetahuan evakuasi medis udara.

Latihan kali ini dengan temah; Peningkatan Pengetahuan Tentang Kegawatdaruratan Pada Korban Tenggelam dan Pengetahuan Evakuasi Medis Udara Bagi Prajurit Di Lingkungan Koarmatim. Latihan ini bertujuan agar dukungan dan pelayanan kesehatan bagi prajurit Diskes Koarmatim pada setiap kegiatan operasi dan latihan dapat terlaksana secara efektif, efisien dan optimal.


Sasaran yang diharapkan selesai mengikuti kegiatan ini diharapkan peserta latihan bertambah pengetahuan dan wawasan tentang kegawatdaruratan pada korban tenggelam dan pengetahuan evakuasi medis udara. Gladi kesehatan ini diikuti 50 peserta Bintara Kesehatan (Bakes) dari Diskes Koarmatim, Bakes Kapal Perang dan Marinir, serta melibatkan instruktur dari Diskes Koarmatim, RSAL dr. Ramelan, dan Rumkital dr. Oepomo Lantamal V Surabaya.

Materi yang dikembangkan meliputi, heat stroke, hipotermia, prosedur penyelamatan korban tenggelam, resusi jantung  dan sengatan biota laut. Pelaksanaan latihan selama kurang lebih satu minggu, mulai tanggal 25 Februari sampai dengan 04 Maret 2013, bertempat di Diskes Koarmatim.

Usai acara pembukaan peserta mengikuti free test dilanjutkan dengan pelajaran teori tentang penanganan korban yang terkena sengatan biota laut dan hipotermia. Materi disampaikan oleh Kapten Laut (K) dr. Bangun dari Diskes Koarmatim.



Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment