Kamis, 12 Maret 2015

Menhan lakukan kunjungan kerja ke Spanyol


Madrid (MI) : Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, beserta delegasi mengadakan kunjungan kerja ke Spanyol.

Duta Besar RI untuk Spanyol Yuli Mumpuni Widarso kepada Antara London, Kamis, mengatakan kunjungan Menhan RI ke Spanyol kali ini merupakan langkah penting dan strategis dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Spanyol di bidang industri pertahanan. Selain sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama Bidang pertahanan yang ditandatangani oleh Menhan RI dan Menhan Spanyol, di Jakarta, pada tanggal 13 Februari 2013 lalu.

MoU tersebut telah dirintis kedua negara sejak tahun 2007 dalam rangka meningkatkan kerjasama baik dibidang ilmu pengetahuan terkait penggunaan sistem dan peralatan militer, maupun kerjasama operasi militer selain perang dan teknologi serta kerjasama dalam pengembangan industri penerbangan.

Pada saat ini, kerjasama Indonesia-Spanyol di bidang industri pertahanan yang telah berjalan adalah pembelian sembilan unit pesawat C-295 dimana tujuh unit pesawat diproduksi oleh Airbus Defence and Space di Sevilla dan dua unit lainnya sedang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia di Bandung. 

Selain itu, Indonesia juga tengah menjajaki pembelian tujuh unit C-295 lagi untuk melengkapi kekuatan satu skuadron dan pembangunan kapal latih untuk menggantikan KRI Dewaruci. 

Dalam kunjungan kerja ke Spanyol, Menhan juga menghadiri pameran teknologi keamanan dan pertahanan internasional "HOMSEC" ke-5, di IFEMA Madrid, yang berlangsung dari tanggal 10-12 Maret . 

HOMSEC 2015 dibuka Menteri Dalam Negeri Spanyol, Jorge Fernandez Diaz, dan dihadiri Duta Besar RI, Yuli Mumpuni Widarso, serta seluruh kalangan pelaku industri, Menteri dan Pejabat Tinggi di bidang pertahanan keamanan dari berbagai negara.

HOMSEC adalah pameran teknologi keamanan dan pertahanan internasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali di Madrid. Kegiatan utama pada HOMSEC terdiri dari konferensi dan workshop teknis, pertemuan bisnis serta pameran perusahaan dan produk-produk pertahanan.

HOMSEC 2013 sukses dengan kehadiran 8000 orang dari berbagai negara antara lain kalangan profesional dan 135 perusahaan peserta yang berpartispasi pada pameran sehingga merefleksikan peningkatan jumlah kehadiran masing-masing sebesar 82 dan 55 persen dari edisi sebelumnya. HOMSEC 2013 juga dihadiri 28 delegasi resmi dari kementerian dan angkatan bersenjata asing.

Selain mengunjungi pameran, Menhan dijadwalkan bertemu dengan Sekretaris Negara Bidang Pertahanan Spanyol, Pedro Argelles Salaverra, dalam rangka memperkuat kerjasama bilateral Indonesia-Spanyol di bidang pertahanan dan meninjau instalasi Airbus Defence and Space di Getafe yang memproduksi pesawat Eurofighter, pesawat angkut berat A400M dan pesawat Multi Role Tanker Transport (MRTT) A330.

Hubungan Dubes RI dan Dubes Spanyol di Jakarta juga sangat bagus. Dubes mengatakan bahwa tingkat hubungan yang sedemikian baik itu terus meningkat dan akan melibatkan pemangku kepentingan di negara masing-masing. Dubes merencanakan akan "mengawinkan" Pindad dengan mitra dari Spanyol.

Dalam kunjungan kerja ke Spanyol Menhan didampingi Mayjen TNI Rusmanto (Plt. Kabaranahan), Brigjen TNI Sisriadi (Dikersin), Brigjen TNI Ida Bagus Purwalaksana (Karo TU), Letkol Chb Iroth Sony (Interpreter), Kol. Laut (S) Yos Sumiarsa (Kabag Minmen), Letkol Czi Heru Prayitno (Kasubag Minmen), Kapten Pom Rindo Q. (ADC Menhan) dan Lettu Inf Imanuel Roy. Menhan dijadwalkan juga akan berkunjung ke Instalasi Airbus Defence & Space di Getafe dan meninjau instalasi pembuatan pesawat Eurofighter dan A400M. 











Sumber : ANTARA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar