Tuesday, April 22, 2014

KRI Banjarmasin Jadi Duta TNI AL dalam Multilateral Exercise Qingdao


Qingdao (MI) : TNI AL turut mengambil bagian dalam latihan maritim multilateral yang diadakan di Qingdao, Provinsi Shandong, China pada 20-25 April 2014. TNI AL mengirim KRI Banjarmasin sebagai duta dalam prosesi latihan tersebut.
 
Kedatangan KRI Banjarmasin di dermaga II Pelabuhan Qingdao disambut lagu ‘Selamat Datang di Tiongkok’ yang dibawakan Korps Angkatan Laut China.
Komandan KRI Banjarmasin Letkol Laut (P) Jales Jamca Jayamahe saat menuruni tangga kapal disambut oleh perwakilan Angkatan Laut Qingdao dan Asisten Atase Pertahanan RI di Beijing, Mayor (Sus) Adi Triady.

Dilansir Global Times, Jales mengatakan, selain mengikuti Multilateral Exercise in The Non Traditional Security Field di lokasi sama, kehadiran kapal jenis LPD buatan PT PAL itu juga dalam rangka menjalankan kegiatan Kartika Jala Krida (KJK) 2014 yang diikuti taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat II Angkatan 61 berjumlah 89 orang.

Pelatihan di Qingdao bermanfaat mempromosikan diplomasi pertahanan yang baik dan penting untuk meningkatkan pemahaman, saling percaya, dan persahabatan. Latihan di China juga akan memberikan kesempatan bagi personel untuk dikerahkan agar memperoleh keterampilan dan pengalaman, selain belajar tentang budaya lokal.

KRI Banjarmasin dengan nomor lambung 592 itu diawaki 132 personel serta 10 personel pengasuh taruna Akademi Angkatan Laut. Kapal ini merupakan salah satu kapal yang dirancang sebagai kapal pendukung operasi amfibi, memiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat, berikut kendaraan tempur beserta kelengkapannya.

Kapal tersebut juga mampu mengangkut lima helikopter (tiga unit di geladak heli, dua unit di hanggar). Selain sebagai kapal tempur, kapal berteknologi desain semi-siluman itersebut juga berfungsi mendukung operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam.

Latihan maritim multilateral diikuti beberapa negara, antara lain Bangladesh, India, Malaysia. Sementara Brunei Darusalam untuk pertama kalinya dalam sejarah mengikuti latihan.




Sumber :  Jurnalmaritim

No comments:

Post a Comment