Friday, April 25, 2014

Eks Tapol Korut Siap Bersaksi di Jakarta

Penjaga Kamp tahanan Korut (Foto:AP)

JAKARTA (MI) : Yayasan Citizen's Alliance of North Korean Human Rights akan mengadakan Pekan Hak Asasi Manusia (HAM) di Korea Utara (Korut). Acara yang diselenggarakan di Jakarta rencananya akan berlangsung sejak 28 April-2 Mei.

Berdasarkan rilis yang diterima Okezone, Jumat (25/4/2014), acara tersebut bertujuan agar Indonesia berperan penting sebagai leading nation di ASEAN. Mengingat negara-negara ASEAN selama ini memberikan suara menolak atau abstain dalam penetapan Resolusi PBB untuk masalah HAM Korut.

Pekan HAM Korut akan diisi oleh beberapa acara. Termasuk di antaranya kedatangan dari Kim Hye Sook.

Kim merupakan eks tahanan politik Korut. Dirinya pernah dipenjara 28 tahun di penjara politik.

Selain Kim terdapat juga Kim Eun Joo. Joo adalah orang yang berhasil berhasil melarikan diri dari Korut. Mereka berdua akan membagikan seluruh pengalamannya di Korut kepada para warga Indonesia.

Tak hanya kesaksian, diadakan juga pemutaran film 'Crossing' dan temu wicara dengan pengungsi Korut. Film 'Crossing' adalah cerita nonfiksi yang terjadi pada keluarga biasa di desa pertambangan provinsi Hamkyeongdo Korut.

Selain acara di atas, Citizen's Alliance of North Korean Human Rights akan berkunjung ke Komisi HAM Indonesia, Komisi Perlindungan Perempuan Indonesia, dan Komisi HAM ASEAN (AICHR) untuk membahas solusi HAM Korea Utara.

Kunjungan ke Komisi Perlindungan Perempuan Indonesia dan Komisi HAM ASEAN (AICHR) merupakan kunjungan ke-2 dari Citizen's Alliance of North Korean Human Rights.

Diharapkan dengan adanya pekan HAM Korut, dapat memberitahukan keadaan nyata Korea Utara melalui berbagai acara dan menarik perhatian masyarakat Indonesia agar dapat memberi sumbangsih berarti dalam penetapan Resolusi PBB untuk masalah HAM Korut. 






Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment