Tuesday, March 12, 2013

Pangdam Anugerahi KPLB Kepada Serda Paus Kogoya Karena Berhasil Mengajak Anggota OPM Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi


Jayapura (MI) Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua MM  bertindak selaku Inspektur upacara pada upacara bendera hari Senin tanggal 11 Maret 2013 sekaligus pelaksanaan upacara Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) atas nama Kopka Paus Kogoya bertempat di Lapangan upacara Markas Kodam XVII/Cenderawasih.
Dalam amanatnya, Pangdam mengatakan  secara umum situasi keamanan di Papua saat ini dalam kondisi yang kondusif. Dikatakan demikian karena sampai saat ini segenap perangkat pemerintahan masih tetap tegak berwibawa, mampu melakukan tugas dan fungsinya serta kegiatan kemasyarakatan secara normal. Hal ini tentu tidak terlepas dari kerja keras dari seluruh prajurit Kodam XVII/Cenderawasih, oleh karenanya, Pangdam memberikan apresiasi dengan tulus kepada seluruh prajurit Ksatria Pelindung Rakyat,  sesungguhnya kita memiliki kemampuan untuk mewujudkan masyarakat Papua yang aman, damai dan memiliki kesadaran serta kepatuhan terhadap  hukum. Mencermati hal tersebut Pangdam menekankan kepada para prajurit Kodam XVII/Cenderawasih, untuk selalu bersikap dan berprilaku  sebagai prajurit Sapta Marga yang paham betul akan Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, serta menghindari pelanggaran prajurit.
Pada kesempatan ini, kita juga melaksanakan upacara Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) kepada Kopral Paus Kogoya, NRP 568783, Babinsa Korem 172/PWY Kodam XVII/Cenderawasih, sesuai dengan Skep Kasad Nomor : Kep/64/III/2013, tanggal 5 Maret 2013 tentang penetapan Kenaikan Pangkat Luar Biasa kepada prajurit TNI AD atas nama Paus Kogoya untuk dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula menjadi Sersan Dua (Serda) Terhitung mulai tanggal 6-3-2013. Prestasi tersebut karena berhasil mengajak saudara kita Daniel Kogoya beserta anggotanya untuk bergabung kembali ke NKRI. Daniel Kogoya merupakan salah satu Tokoh Sentral Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka Papua Barat (TPN OPM PB),  dengan  jabatan terakhir  Kepala Staf TPN OPM PB. Siapapun pasti tahu betapa sulitnya mendekati dan mengajak para tokoh sentral Organisasi Papua Merdeka (OPM) untuk diajak kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Berbagai rintangan dan tantangan menghadang, begitupun nyawa bisa saja menjadi taruhannya, namun dengan tekad yang kuat Kopka Paus Kogoya melalui komunikasi sosial yang konstruktif terus diupayakan agar saudaranya yakni, Daniel Kogoya dan pengikutnya kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi untuk dapat hidup dengan aman, damai, dan tidak hidup dalam pengejaran aparat keamanan, karena dinilai sparatis.
Berkenaan dengan itu, selaku Pangdam XVII/Cenderawasih dan pribadi, Mayjen TNI Drs. Christian Zebua MM menyampaikan ucapan “Selamat” kepada Sersan Dua Paus Kogoya atas Kenaikan Pangkat Luar Bisa yang diberikan oleh negara. Semoga kenaikan pangkat ini dapat memberikan motivasi, inspirasi bagi seluruh prajurit Ksatria Pelindung Rakyat dalam meningkatkan kinerja dan pengabdian kepada bangsa dan negara. Kenaikan
Pangkat Luar Biasa (KPLB) dalam organisasi militer merupakan penghargaan yang diberikan oleh negara atas prestasi dan dedikasi luar biasa yang dilakukan prajurit melebihi tugas dan tanggung-jawabnya.  Hal tersebut telah ditunjukan oleh Sersan Dua Paus Kogoya selama menjalankan tugas. Kenaikan Pangkat Luar Biasa ini memang bukan diperoleh secara otomatis, melainkan melalui proses penilaian yang objektif terhadap kinerja luar biasa yang telah dilaksanakan dalam tugas. Oleh karena itu, sudah sepatutnya disyukuri dan tunjukkan rasa syukur tersebut dengan kinerja terbaik dalam menghadapi tugas-tugas ke depan, karena semakin tinggi pangkat yang disandang, maka akan semakin tinggi pula tanggung jawab yang akan diembannya.
Sumber : TNI AD

No comments:

Post a Comment