Minggu, 12 April 2015

Latihan Gabungan, TNI Temukan Tempat Latihan Kelompok Teroris




POSO (MI) : Memasuki minggu ketiga Latihan Gabungan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) yang digelar di Poso, Sulawesi Tengah, pihak TNI mengaku menemukan sejumlah titik lokasi yang diduga sebagai tempat pelatihan para kelompok teroris. 



Selain temuan lokasi pelatihan, pihak TNI juga menemukan beberapa jejak bekas tempat tinggal yang diduga dipergunakan sebelum tim PPRC memasuki wilayah pegunungan biru Kecamatan Poso Pesisir.



Komandan Satuan PPRC, Mayjen TNI Bambang Haryanto, menjelaskan bahwa pihaknya sejauh ini sejak pelaksanaan latihan gabungan telah menemukan sejumlah barang bukti termasuk lokasi seluas sekitar 50 kali 60 meter atau setengah lapangan bola.



Menurut Bambang, dilihat dari kondisi tempat dan sejumlah fasilitas yang ditemukan di lokasi seperti papan juga ditemukan bekas tempat latihan layaknya militer sehingga kuat dugaan lokasi tersebut sebelumnya digunakan oleh kelompok teroris untuk berlatih.



"Ya, secara jujur kita telah menemukan tempat tersebut,lokasinya cukup luas dan cukup strategis untuk dipakai latihan, di lokasi kita temukan semacam papan dan beberapa tempat latihan yang medelnya seperti tempat latihan militer," ujarnya dalam keterangan pers, Sabtu (11/4/2015), setelah menyerahkan bantuan sembako di Desa Pinedapa.



Dia menambahkan, dalam latihan gabungan PPRC di wilayah gunung Biru, pihaknya juga menemukan sejumlah barang bukti serta jejak-jejak  yang menggambarkan bahwa ada kelompok teroris itu memang ada.



Berdasarkan hasil temuan, pihaknya memastikan seluruh jejak tersebut ditinggalkan oleh para kelompok teroris pimpinan Santoso sebelum tim PPRC menggelar latihan digunung Biru.



"Kalau berdasarkan dari banyaknya temuan yang sudah ada, ini merupakan petunjuk bahwa keberadaan kelompok teroris tersebut memang ada namun telah keluar dari gunung biru sebelum kita gelar latihan," tambahnya.







Sumber : KOMPAS


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar