Rabu, 25 Maret 2015

Mabes TNI AD Bentuk Batalyon Baru di Bali


DENPASAR (MI)Mengantisipasi isu ancaman yang dihadapi seperti penyusupan, invasi, gerakan separatis bersenjata, dan perkembangan sosial masyarakat. Mabes TNI AD membentuk Batalyon Infanteri Mekanis 741/Satya Bhakti Wirottama di Bali.

Markas Batalyon baru berkedudukan di Kota Negara Kabupaten Jembrana bakal diresmikan pada Rabu 25 Maret 2015, besok. Rencananya, Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Torry Johar Banguntoro akan meresmikan Batalyon Infanteri Mekanis 741/Satya Bhakti Wirottama.
Kapendam IX/Udayana Kolonel CZI Abdijon Sinaga mengatakan, Kodam IX/Udayana sebagai Komando Utama Operasi (Kotama Ops) memiliki salah satu fungsi pembinaan kekuatan. Namun, dengan pembentukan Batalyon baru ini tentu saja untuk memperkuat jajaran Kodam IX/Udayana yang dinilai cukup mendesak dan harus segera dilakukan.
"Kepala Staf Angkatan Darat memandang perlu dibentuknya batalyon baru di Bali wilayah Kodam IX/Udayana," tegas Abdijon, Selasa (24/3/2015).
Dalam pelaksanaanya, menurut Abdijon, Kodam IX/Udayana senantiasa melakukan pengkajian, penataan, pembinaan organisasi satuan jajarannya secara terarah dan berkesinambungan dalam menghadapi setiap potensi ancaman yang mungkin timbul di wilayah Provinsi Bali dan Nusa Tenggara.
Berbagai potensi dan isu ancaman yang dihadapi Kodam IX/ Udayana seperti penyusupan, invasi, gerakan separatis bersenjata dan perkembangan sosial masyarakat perlu dicegah dengan pembangunan kekuatan dan penataan kekuatan jajaran Kodam IX/Udayana.
"Langkah ini merupakan salah satu solusi yang tepat dalam rangka mengoptimalkan peran dan tugas pokok Kodam IX/Udayana," tegasnya.
Disamping itu, sesungguhnya Yonif 741/Satya Bhakti Wirottama ini sebelumnya sudah pernah ada yang kemudian dirubah menjadi Yonif 900/Raider sebagai satuan pemukul Kodam.
Diakuinya, tugas Yonif 900/Raider sebagai kekuatan pemukul kodam dinilai tidak relevan lagi, dalam melaksanakan tugas-tugas pengamanan VVIP dan VIP sesuai dengan keberadaan daerah Bali yang sering dijadikan sebagai tempat kegiatan yang bersifat nasional maupun internasional.
"Batalyon ini penting dan strategis agar Kodam IX/Udayana sebagai kompartemen strategis dapat mewujudkan pertahanan dan keamanan yang optimal di wilayah Provinsi Bali dan Nusa Tenggara," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar