Monday, October 21, 2013

Upacara Gelar Pasukan Pengamanan RI 1 Wilayah Kalimantan Selatan


Banjarbaru (MI) : Jajaran unsur TNI/Polri se-Kalimantan Selatan serta instansi terkait yang tergabung dalam unsur pasukan pengamanan melaksanakan upacara gelar pasukan pengamanan RI 1 bertempat di lapangan Angkasa Pura 1, Landasan Ulin Banjarbaru. Minggu, (20/10).
Upacara Gelar Pasukan pengamanan RI 1 tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Korem 101/ANT Kolonel Inf Suharjono, S.IP., sebagai inspektur upacara. Dalam amanatnya dikatakan bahwa Upacara Gelar pasukan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui dan menunjukkan kesiapan Pasukan pengamanan RI 1 beserta unsur terkait lainnya dalam mengamankan Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangka Kongres Budaya Banjar (KBB) III Tahun 2013 yang rencananya akan digelar pada Kamis, 24 Oktober 2013 mendatang. Selain itu upacara gelar pasukan dilakukan untuk mengecek kesiapan Satuan Tugas Pengamanan VVIP, baik secara organisasi, kesiapan personel, materiil, alat perlengkapan maupun sarana pendukung lainnya.
Dikatakan pula, kegiatan kunjungan kerja Presiden RI ke Kalsel ini perlu dirumuskan cara bertindak yang tepat, dan dilaksanakan dengan baik oleh Satuan Kewilayahan maupun satuan lainnya di wilayah Kalsel beserta aparat terkait, sehingga dalam penanggulangan yang sewaktu-waktu timbul, dapat di atasi secara tepat dan cepat, disamping untuk memberikan kenyamanan terhadap Presiden RI beserta rombongan, juga memberikan kesan bahwa TNI/Polri mampu bekerja secara profesional. Diharapkan melalui upacara gelar pasukan pengamanan ini rangkaian kegiatan Kongres Budaya Banjar (KBB) III dapat berjalan dengan lancar dan aman.
Pada kesempatan yang sama, Danlanud SAM juga mengatakan kepada peserta gelar agar menyiapkan mental, fisik serta kedisiplinan dalam bertugas. Hindarkan tindakan yang tidak simpatik, arogan, dan sok kuasa, yang tidak mencerminkan perilaku seorang prajurit. Waspadai dan monitor daerah-daerah rawan dengan upaya antisipasi penanganan secara terpadu, lintas sektoral serta bertindak sigap dan cepat terhadap setiap permasalahan, yang berpotensi menimbulkan ancaman yang akan menghambat kelancaran kunjungan kerja Presiden RI di Kalsel serta pelihara kebersamaan dan tingkatkan kerjasama antara prajurit TNI, Polri, unsur Pemda dan masyarakat, sebagai satu kekuatan yang sinergis untuk mensukseskan pengamanan.
Upacara Gelar Pasukan tersebut di hadiri oleh Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Suharyono Sik SH, Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., Kasrem 101/ANT Letkol Inf Heri Pribadi, Palaksa Lanal Banjarmasin Mayor Laut (P) Sahatro Silaban, serta para Komandan Satuan TNI/Polri wilayah Kalsel dan Paspampres. Pada kongres tersebut, SBY akan mendapatkan gelar dari Lembaga Budaya Banjar. Gelar SBY adalah Tetuha Banua nang Batuah.




Sumber : TNI AU

No comments:

Post a Comment