Thursday, October 24, 2013

Enam Bulan Bertugas, Penyegaran Satgasmar Ambalat



Sebatik (MI) : Belum lama ini telah dilaksanakan upacara serah terima Satgas Marinir Ambalat dari Satgasmar Ambalat XVI  kepada Satgasmar Ambalat XVII dilapangan Poskotis Satgasmar Sei Bajo, Rabu (9/10), dengan Irup Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) I Bayu Trikuncoro mewakili Danguspurla Koarmatim.

Sehari sebelumnya,  pada pk. 10.45 KRI Teluk Ratai-509 dengan Komandan Letkol Laut (P) Arief Budiman telah merapat di Dermaga Batu Sebatik dengan membawa prajurit Satgasmar Ambalat  XVII.  Satgas baru ini berasal dari Batalyon 5 Marinir Surabaya dibawah Komandan Satgas Kapten MAR Ach. Fauzi menggantikan Satgasmar Ambalat XVI yang dipimpin oleh Kapten MAR Ali Wardana.  Satgasmar Ambalat XVI telah bertugas selama 6 bulan di wilayah perbatasan ini. Upacara serah terima dan proses debarkasi personel dan material disaksikan Komandan Batalyon 5 Letkol MAR Joni serta Danlanal Nunukan.
Untuk pertama kali pergantian serah terima Satgas Marinir dilaksanakan di daerah operasi Sebatik. Hal ini dilakukan bahwa Komandan Satgasmar yang baru Kapten MAR Ach. Fauzi sudah pernah ikut Satgasmar Ambalat VIII di Sebatik sebagai Danpos Satgasmar di Sei Taiwan. Satgasmar dibawah Komando Operasi Guspurla Koarmatim yang tergabung dalam Operasi Tameng Hiu yang merupakan salah satu komponen SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu).




Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment