Saturday, April 20, 2013

Wilayah Perbatasan Aman, Penerbang Bisa Fokus Latihan


Wilayah Perbatasan Aman, Penerbang Bisa Fokus Latihan

PONTIANAK (MI)Para penerbang di Skuadron I Hawk 100/200 Pangkalan Udara Supadio bisa fokus berlatih meningkatkan kemampuan dan menambah jam terbang. Itu bisa dilakukan karena wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia di darat serta perbatasan Indonesia dan beberapa negara di wilayah laut tergolong aman.     
Komandan Pangkalan Udara Supadio Kolonel Pnb Novyan Samyoga, Jumat (19/4/2013) menuturkan, sangat penting bagi para penerbang untuk meningkatkan kemampuan dan menambah jam terbang. "Setiap hari, para penerbang memiliki jadwal terbang, kecuali dalam kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. Selain mengasah kemampuan, para penerbang juga bisa meningkatkan kerjasama tim," kata Novyan.     
Menurut Novyan, patroli ke wilayah perbatasan umumnya dilakukan jika kondisi perbatasan meningkat. "Patroli ke perbatasan dilakukan dengan pertimbangan kegentingan dan lebih dahulu dikaji. Pada dasarnya, kami semua berharap wilayah perbatasan tetap aman. Namun, jika suatu saat ada peningkatan kondisi, para penerbang sudah siap. Setiap hari, mereka mengoperasikan Hawk dan sudah terlatih," kata Novyan.     
Setelah selesai melakukan latihan, para penerbang biasanya berdiskusi dengan para mekanik di pangkalan. Mereka memberi masukan mengenai kondisi terakhir pesawat. Jika ada gangguan pada pesawat, mekanik akan langsung memperbaiki begitu pesawat tiba di pangkalan.



Sumber : KOMPAS

No comments:

Post a Comment