Wednesday, April 17, 2013

Jelang KTT APEC, TNI & Polri Gelar Simulasi Penanganan Teroris di Medan



Medan (MI) :  Menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik atau KTT APEC 2013, polisi dan tentara di Medan, Sumatera Utara (Sumut) menggelar simulasi penanganan teroris. Rencananya kota ini akan menjadi salah satu lokasi dalam rangkaian kegiatan KTT.

Simulasi penanganan teroris itu berlangsung di Kantor Walikota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Rabu (17/4/2013). Dalam simulasi itu personel TNI dari Batalyon 100/Raider, Kodam I Bukit Barisan dan personel Brimob Daerah Sumut berkolaborasi.

Diskenariokan peserta konferensi disandera. Lalu pasukan TNI dan Polri berkolaborasi untuk menyelamatkan sandera. Tembakan dan ledakan terdengar. Lalu, 1 jam kemudian misi berakhir sukses. Teroris tewas dan sandera berhasil diselamatkan.

Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro menyatakan, simulasi ini dimaksudkan sebagai bagian dari persiapan penanganan keamanan pelaksanaan KTT APEC. Medan sebagai salah satu lokasi tempat dilaksanakannya rangkaian kegiatan KTT, Medan harus dipastikan aman, agar KTT dapat berjalan lancar.

"Sehingga saat kegiatan keadaan dapat terkendali," kata Wisjnu dalam kesempatan yang turut dihadiri Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewijk F. Paulus dan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.

Rangkaian kegiatan KTT APEC ke-21 yang berlangsung tahun 2013 ini, diselenggarakan di beberapa tempat antara lain Jakarta, Surabaya dan Manado. Sementara konferensi akan dipusatkan di Nusa Dua, Bali, pada Oktober 2013.




Sumber : Detik

No comments:

Post a Comment