Monday, February 18, 2013

Indonesia-Jepang Sepakat Perkuat Kemitraan Strategis


Jakarta (MI) : Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa dan Menlu Jepang Fumio Kishida bersepakat untuk memperkuat kemitraan strategis kedua negara. Kesepakatan itu dibuat pada akhir pekan lalu di Tokyo, Jepang.

Dalam siaran pers Kedubes Jepang yang diterima di Jakarta, Senin (18/2), menyebutkan Menlu Marty Natalegawa dan Menlu Jepang Fumio Kishida akan memperkuat kemitraan strategis dalam bidang perekonomian, politik, dan keamanan.

Dalam bidang perekonomian, kedua menlu sepakat untuk mewujudkan kerja sama terkait pembenahan infrastruktur termasuk program Metropolitan Priority Area (MPA). Selain itu, pembenahan iklim investasi di Indonesia, kebijakan perubahan iklim, serta penerimaan kandidat perawat dan kandidat caregiver dari Indonesia berdasarkan perjanjian Kerja sama Kemitraan Ekonomi (EPA).

Sementara dalam bidang politik dan keamanan, keduanya sepakat untuk memperkuat kerja sama memberantas teroris dan menegaskan untuk terus mempromosikan kerja sama antardirjen pertahanan dan kerja sama trilateral bagi bantuan terhadap Palestina.

Terkait dengan situasi kawasan dan internasional kedua menlu menegaskan untuk bekerja sama bagi kesuksesan APEC seraya mengingat tahun ini Indonesia merupakan Ketua APEC. Sidang APEC dijadwalkan berlangsung pada akhir tahun 2013 di Bali.

Dengan demikian dialog strategis tingkat menteri RI-Jepang yang ke-4 dapat menciptakan hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua negara.


SUmber :  Metrotvnews

No comments:

Post a Comment