Sabtu, 07 Maret 2015

Tambah Pasukan untuk Armada Timur di Papua, Marinir Kerahkan 8.000 Prajurit


Jakarta (MI) : TNI AL akan menambah 1 Komando Armada yang sejalan dengan pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan). Untuk memperkuat Komando Armada yang baru, Marinir juga akan menambah 1 Pasukan Marinir (Pasmar) yang merupakan Komando Pelaksana Utama Korps baret ungu tersebut.

Saat ini TNI AL memiliki 2 Komando Armada, yaitu Komando Armada Barat (Koarmabar) yang berada di Jakarta dan Komando Armada Timur (Koarmatim) yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Nantinya TNI AL akan menambah dengan pembentukan Komando Armada Tengah di Makassar, Sulsel, dan Koarmatim akan dipindahkan ke Sorong, Papua. Sedangkan Koarmabar tetap berada di Jakarta. Sementara untuk yang di Surabaya akan dijadikan Komando Armada RI sebagai pusat.

Komandan Korps Marinir Mayjen Faridz Washington mengatakan jajarannya siap dengan rencana penambahan kekuatan itu. Pembentukan 1 Pasmar baru itu rencananya akan ditempatkan untuk mendukung Koarmatim di Sorong.

"Kami sudah siap. Nanti nambah 1 di Sorong, satu lokasi dengan Koarmatim. Kalau yang di Jakarta dan Surabaya tetap," ujar Faridz saat dikonfirmasi di Mako Marinir, Kwitang, Jakpus, usai mendapat kunjungan dari jajaran Trans Media, Jumat (6/3/2015). Turut hadir dalam acara tersebut Komisaris Trans Media Ishadi SK.

Marinir akan menambah 8.000 personel untuk kekuatan di Pasmar Sorong itu. Bahkan satu batalyon tank saat ini sudah siap meski Pasmar ketiga tersebut belum terbentuk.

"Personel tambah, sekitar 8.000-an. Kalau (penambahan) Alutsista bertahap sampai renstra (rencana strategi) ke 2024. Kalau sekarang yang sudah siap 1 batalyon tank," kata Jenderal Bintang 2 itu.

Faridz pun mengaku siap mengerahkan pasukan dan komando kapanpun diperintahkan. Menurutnya pembentukan Koarmatim menyusul Parmar di Sorong hanya tinggal menunggu Keputusan Presiden.

"Kalau kita sih siap kapan aja, tinggal nunggu waktu, tunggu perintah dari Panglima, tunggu Keppres.," tutur Faridz.

Lalu sudah ada nama-nama yang disiapkan untuk menjadi Komandan Pasmar di Sorong?

"Belum lah kalau itu," pungkasnya.








Sumber : Detik

3 komentar:

  1. Mantap sekali... Nanti kedepannya kalau bisa dibuat juga beberapa armada yang melindungi pulau terluar Indonesia, seperti di sebelah barat pulau sumatera, sebelah selatan pulau jawa dan sebelah selatan papua. Dengan demikian maka NKRI makin terbentengi dengan baik.

    BalasHapus
  2. Lebih cepat lebih baik, ayo pak panglima jangan telat mikir ....

    BalasHapus
  3. Mantap lebih cepat lebih baik pak

    BalasHapus