Senin, 02 Maret 2015

Dua Pesawat Tempur Sukhoi Latihan Diversion Melintasi Langit Yogyakarta


SLEMAN (MI) : Warga Yogyakarta dikagetkan dengan suara menggelegar dari dua pesawat Sukhoi Su 27/ 30 milik TNI Angkatan Udara. Kedua pesawat tempur tersebut melintas beberapa kali di langit Kota Yogyakarta dan sempat menjadi perhatian warga yang penasaran, Minggu (1/3/2015) sekitar pukul 10.00.
Komandan Lanud Adi Sutjipto, Marsma TNI Yadi I Sutanandika, menuturkan bahwa tidak ada yang perlu dikawatirkan terkait keberadaan dua pesawat tersebut. Dijelaskan Danlanud pesawat dengan mesin jet tersebut memang izin melintas di Yogyakarta dalam rangka latihan diversion, yaitu merupakan latihan pilot pesawat untuk melintas dan mendarat di pangkalan lain.
"Dua pesawat tersebut sebelumnya terbang dari home base Makasar ke Bali, dan dari sana mereka melakukan latihan diversion dengan melintas ke Yogyakarta tetapi tidak mendarat dan kembali ke Bali," jelasnya.
Dijelaskan Danlanud, latihan tersebut adalah dalam rangka menjaga pengamanan wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pesawat pabrikan Rusia tersebut disimulasikan sedang melaksanakan patroli untuk kemudian dikombinasikan dengna latihan diversion.
"Kenapa dipilih melintas di Yogyakarta, karena di sini adalah tempat belajar para taruna AU dan penerbang, agar mereka semakin semangat dan termotivasi saat mendengar suara pesawat yang menggelegar," imbuhnya. 










Sumber : TRIBUNJOGJA

2 komentar:

  1. suka tidak suka efek getar si jelajah sukhoi bennar 2 ampuh ....tidak salah kalau bangsa indonesia segera akusisi sukhoi 35 g 5 .

    BalasHapus
  2. Sukhoi emang HEBAT...! Bagi penggemat jet tempur sukhoi,.. nih ada miniatur pesawat tempur sukhoi TNI AU dari kertas karton.. yang HEBAT ! .. silakan lihat disini : http://www.facebook.com/aeropapermodelindonesia

    BalasHapus