Sunday, April 21, 2013

Kasal Resmikan Pembuatan KCR-60 M-2 di PT PAL Surabaya



Surabaya (MI) : Kerja sama antara Industri Strategis Dalam Negeri dengan TNI Angkatan Laut semakin meningkat, hal ini ditandai dengan kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI DR. Marsetio ke PT PAL Indonesia sekaligus untuk meresmikan pembuatan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 M-2 di Hall Assemble PT PAL Indonesia (Persero) kemarin, Kamis (180413).

Peresmian itu ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Kasal didampingi Direktur PT PAL Ir. M. Firmansyah Arifin, dengan demikian pembuatan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 M Ke-2 secara resmi dimulai. KCR 60 M merupakan kapal kedua dari 3 (tiga) kapal sejenis pesanan TNI AL.  Acara ini dihadiri oleh Asrena Kasal, Aslog Kasal dan segenap pejabat teras Mabesal, Pangkotama TNI AL wilayah Surabaya serta Dewan Komisaris,  Para Direksi dan pejabat PT PAL Indonesia. Pembangunan KCR 60 M ini berdasarkan Surat Perjanjian Jual Beli antara PT PAL Indonesia (Persero) dan TNI-AL yang diwakili oleh Dinas Pengadaan Mabesal (Disadal). Pembuatan kapal ke-2 ini sesuai rencana akan diserahkan kepada TNI AL pada medio Maret 2014, sedangkan kapal yang ke-1, direncanakan akan diserahkan pada akhir Desember 2013, sedangkan kapal ke-3 akan diserahkan pada medio Juni 2014.

Adapun karakteristik utama Kapal Cepat Rudal 60 Meter (KCR-60M) antara lain : meiliki panjang keseluruhan (LOA) : 59.80 M, panjang garis air (LWL) : 54.82 M, Lebar (B) : 8.10 M, tinggi pada tengah kapal (T) : 4.85 M, Sarat muatan penuh (Dd) : 2.60 M, Berat muatan penuh (Displacement) : 460 Ton. Kapal ini dilengkapi dengan Sistem Persenjataan Meriam Utama 57 mm, 2 Meriam 20 mm,2 Peluncur rudal anti kapal permukaan (SSM) dan 2 Decoy Launcher. KCR 60 M mempunyai kemampuan olah gerak yang tinggi, lincah dalam posisi tembak dan mampu melaksanakan penghindaran dari serangan balasan lawan serta memiliki ketahanan berlayar dilaut selama  9 hari dan memiliki jarak jelajah  2.400 Nm pada kecepatan 20 knot dengan ABK 43 personel.

Diharapkan dengan even ini, semakin memperkokoh komitmen PT PAL Indonesia (Persero) serta wujud nyata untuk terus berperan aktif dalam pemenuhan Alutsista negara, menuju kemandirian bangsa pada Alutsista khususnya bidang kemaritiman. Seperti yang diungkapkan Direktur Utama PT PAL Ir. M. Firmansyah Arifin dalam sambutannya bahwa pembangunan Kapal Cepat Rudal 60 meter di PT PAL Indonesia (Persero) ini merupakan suatu realisasi  cita-cita yang luhur dari TNI-AL dan semua unsur yang terlibat dalam pengadaan pembangunan kapal ini. Hal ini semata-mata suatu upaya untuk pemberdayakan Industri Galangan Nasional yang akhirnya juga dapat meningkatkan pertumbuhan Nasional.

Ir.M. Firmansyah Arifin juga berharap, dalam kesempatan mendatang PT. PAL Indonesia (Persero) masih terus dipercaya dan dapat berpartisipasi aktif untuk memenuhi kebutuhan Alutsista Kementerian Pertahanan khususnya kebutuhan kapal-kapal TNI Angkatan Laut, yang secara langsung turut mendukung pengembangan industri Galangan Nasional sekaligus berperan dalam penghematan devisa negara.

Sementara itu, Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pengadaan Alutsista TNI AL dalam hal ini pengadaan Kapal-Kapal Patroli, akan memprioritaskan untuk dibuat didalam negeri, sebagai wujud kepedulian dan kepercayaan TNI AL terhadap hasil karya Putra-Putra Bangsa Indonesia yang telah mampu bersaing dengan produksi luar negeri. 




Sumber : Koarmatim

1 comment:

  1. kapan KCR 100M dpt diproduksi utk TNI AL, pak pres shr nya sdh meningkat ke KCR 100 M dan sdh menggunakan peralatan modern terkonektet dg satelit atau peralatan komunikasi di komando pusat strategi TNI AL serta radar yg ada di indonesia. hee....hee...prajurit hrs melek IPTEK

    ReplyDelete