Sunday, April 21, 2013

SBY Akan Kunjungi Singapura, Myanmar, dan Brunei Darussalam


Jakarta (MI) : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke 3 negara anggota ASEAN, yakni Singapura, Myanmar dan Brunei Darussalam, mulai awal pekan depan.

Staf khusus Presiden bidang hubungan luar negeri Teuku Faizasyah menyatakan, perjalanan ke Singapura merupakan kunjungan kerja yang akan berlangsung pada tanggal 22 - 23 April 2013. Kegiatan utama SBY adalah menghadiri pertemuan tahunan Leaders' Retreat.

"Selagi di Singapura, Presiden Yudhoyono juga akan menerima penganugerahan gelar Honoris Doctoral (Doctor of Letters) dari Rajaratnam School of International Studies (RSIS), Nanyang Technological University (NTU). Presiden juga telah dijadwalkan untuk menyampaikan pidato di hadapan komunitas bisnis dan finansial yang berkedudukan di Singapura dalam acara Thomson Reuters Newsmaker," tutur Faizasyah, Sabtu (20/4/2013).

SBY akan bertolak ke Nya Pyi Taw, Myanmar pada tanggal 23 April untuk melakukan kunjungan kenegaraan sampai tanggal 24 April 2013.

"Selama di Myanmar, Presiden SBY dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Myanmar U Thein Sein," ucap Faizasyah.

Pertemuan bilateral utamanya akan membahas perkembangan kerjasama Indonesia-Myanmar di berbagai bidang, serta langkah-langkah untuk penguatan dan peningkatannya di masa depan.

SBY dan Thein Sein juga dijadwalkan untuk menyaksikan penandatanganan beberapa nota kesepahaman, termasuk di bidang rice trade, capacity building, dan trade and investment. SBY juga dijadwalkan untuk bertemu dengan perwakilan masyarakat Indonesia di Myanmar.

Dari Nya Pyi Taw, pada tanggal 24 April 2013 SBY akan bertolak menuju Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-22.

"Selama di Brunei, Presiden SBY akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT ASEAN," ucap Faizasyah.

Selain itu, SBY juga dijadwalkan akan menghadiri KTT ke-9 Brunei-Indonesia-Malaysia-Filipina East ASEAN Growth Area dan KTT ke-7 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle. SBY dan Ibu Negara beserta rombongan direncanakan akan tiba kembali di tanah air pada tanggal 26 April 2013. 




Sumber : Liputan6

No comments:

Post a Comment