Rabu, 29 April 2015

KRI Tjiptadi-381 LatihanTacman dan Boardex Dengan Kapal Perang India


Jakarta (MI) : TNI AL menggelar kerjasama latihan manuver laut dengan Angkatan Laut India pada kegiatan Patkor Indindo 25/15. Kerjasama latihan tersebut dilakukan KRI Tjiptadi-381 sebagai salah satu KRI jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dengan kapal perang India INS Cheetah, di perairan Samudera Hindia, baru-baru ini.

Dalam latihan tersebut, kedua kapal melaksanakan uji jaring komunikasi dengan baik, dan menentukan posisi titik kumpul/rendezvous (RV) yang sudah disepakati sebelumnya. Latihan diawali dengan manuver taktis (Mantak) atau Tactical Manoeuvre (Tacman) kemudian dilanjutkan dengan latihan peran pemeriksaan dan penggeledahan atau Boarding Exercise (Boardex).

Kedua kapal perang tersebut, selanjutnya melaksanakan latihan setingkat L-2 seperti penembakan Meriam 30 Mm dengan sasaran drum dengan jarak tembak kurang lebih 1.5 Nm, penembakan RBU dengan setelan kedalaman 10 M serta penembakan Meriam 57 Mm dengan pengendalian dan penembakan dari Combat Management System (CMS).

Patkor Indindo 25/15 merupakan salah satu kegiatan patroli terkoordinasi yang dilaksanakan di wilayah garis batas perairan masing-masing negara secara besama-sama guna menjaga perairan Samudera Hindia dalam rangka terjaminnya keamanan jalur pelayaran bagi kapal-kapal yang melintas dan pengguna laut lainya serta tindakan ilegal di laut di wilayah masing-masing negara.






Sumber : TNI AL

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar