Wednesday, September 11, 2013

Dukung Sail Komodo 2013 Gugus Laut SBJ LXII/2013 Laksanakan Opersi Bhakti Di Labuan Bajo


Labuhan Bajo (MI) : Dalam rangka membantu mempercepat pembangunan nasional serta mendukung ivent Sail Komodo 2013, TNI AL menggelar Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya LXII/2013 di wilayah Kabupaten Labuan Bajo, Manggarai Barat. Program ini wujud kepedulian TNI AL terhadap masyarakat di daerah pesisir pantai pulau terluar, dikolaborasikan dengan berbagai pihak seperti Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Kementrian Kesehatan, Kementrian Sosial, swasta, negara sahabat dan sponsor. Dengan demikian diharapkan dapat membuka peluang usaha dan memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan.

Gugus Laut SBJ menggunakan kapal perang rumah sakit KRI dr.Soeharso-990. Bertindak sebagai Komandan Satgas SBJ LXII/2013 Kolonel Laut (P) Taat Siswo Sunarto yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Bantu Koarmatim. Jumlah peserta gugus laut SBJ kurang lebih 616 terdiri dari awak kapal, pilot dan kru helli, Komando Pasukan Katak, Penyelam tempur TNI AL, Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) dan 126 orang diantaranya adalah tenaga kesehatan.

Kedatangan gugus laut SBJ, disambut Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus CH. Dula di Dermaga Filemon, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Hadir dalam acara itu Wakil Bupati Manggarai Barat Drs. Kasa Maximus, Athase Laut Singapura Untuk Indonesia LTC. Tanbian, serta beberapa Perwira Angkatan Laut Republik Rakyat China (RRC) dan Singapura. Rencananya kapal perang rumah sakit ini berada di Labuan Bajo selama kurang lebih empat hari mulai tanggal 10 sampai dengan 14 September 2013.

Adapun kegiatan Operasi Bakti di wilayah Labuan Bajo secara umum berupa sasaran fisik dan dan non fisik. Sasaran fisik meliputi pelayanan kesehatan, pelayanan masyarakat dan renovasi sarana dan prasarana umum. Pelayanan kesehatan difokuskan di dua tempat yakni didarat dan di kapal. Posko pelayan kesehatan di darat diperuntukkan melayani pasien kesehatan umum, gigi, dan khitan. Pelayanan kesehatan bedah mayor/minor, operasi katarak dan bibir sumbing bertempat di kapal perang rumah sakit.

Sasaran fisik lainnya adalah renovasi sarana dan prasarana umum dan penyerahan bahan kontak. Dengan target renovasi Puskesmas Labuhan Bajo, Balai Pertemuan POSAL Labuhan Bajo. Sasaran non fisik meliputi, penyuluhan tentang kesehatan, hukum, kesadaran bela negara, Potmar, Narkoba dan KB. Operasi Bakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AL merupakan wujud kemanunggalan TNI AL dengan rakyat.

Data sementara samapi berita ini diturunkan Selasa, (10/09) Pukul 17.00 WITA paseien di posko kesehatan dikapal sejumlah 228 pasien terdiri dari 110 pasien bedah umum dan 118 pasien operasi katarak. Jumlah ini masih terus berubah mengingat belum sampainya laporan dari posko pelayan kesehatan didarat yaitu pelayanan kesehatan umum, gigi, THT dan khitan, serta pelayanan kesehatan lainnya.

Sesuai dengan visi dan misi Operasi Surya Bhaskara Jaya, kegiatan gugus tugas ini dititik beratkan pada promosi kesehatan, pelayanan kesehatan, serta perbaikan sarana dan prasarana lingkungan, dengan target melayani kesehatan bagim7.000 pasien yang tinggal di pesisir dan pulau-pulau terpencil.

LEMBATA : Rekapitulasi jumlah pasien terakhir pada hari Rabu, 04 September 2013, yang telah ditangani sebanyak 2519 pasien. Jumlah tersebut terdiri dari 368 pasien kesehatan umum, 228 pengobatan gigi, 84 THT serta 157 khitan. Pasen bedah minor, 58 lipoma, 7 papiloma, 2 clavus, 1 rekontrusi nasal dan 1 irigasi sinus. Bedah Mayor 6 struma (gondok), 3 hydrocle, 1 apendik, 1uvula bafida, 2 ganglion, 5 hernia, 2 kista, 1 FAM serta 2 tumor parotitis. Poli mata, 61 katarak dan 23 pterigium. Kemudian 6 pasien bibir sumbing, 23 kandungan  serta 47 pasien MOW. Laboratorium terdiri 22 BT/CT, 110 GDA, 49 DL serta 63 Rontgent.

MAUMERE : Hasil rekap pelayanan pasien yang telah ditangani selama tiga hari berada di Maumere sejak tanggal 06 sampai dengan 08 Sepetember yaitu terdiri dari 1241 pasien pelayanan umum, 256 kesehatan gigi, 92 THT, 109 khitan. Pasien bedah minor 30 lipoma, 3 papiloma, 3 clavus,12 atheruma dan1 irigasi sinus. Bedah Mayor 5 struma, 1 ganglion, 7 hernia, 1 kista, 2 FAM, 1 laporatomy dan 1 Aff plate. Kemudian poli mata, 55 katarak dan 25 pterigium. Selanjutnya 9 opersi bibir sumbing dan 6 pasien kandungan. Jumlah seluruhnya adalah 2048 pasien. Adapun pelayanan kesehatan yang telah dilakukan didua tempat Kabupaten Lembata dan Maumere, sejumlah 4809 pasien.

Satuan tugas ini didukung satu unsur tugas angkut kapal perang rumah sakit KRI dr. Soeharso-990, dengan membawa peralatan berupa 2 kendaraan tempur air cepat Sea Rider dari Satkopaska Koarmatim, 1 Helly Bolcow, 2 kapal pendarat Landing Craft Utility (LCU) dan mobil ambulan. KRI dr Soeharso-990 merupakan kapal perang perang rumahsakit jenis Landing Platform Dock (LPD), dikomandani Letkol Laut (P) I Putu Darjatna.


Kegiatan Operasi SBJ LXII/2013 dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas rumah sakit yang berada di kapal perang rumah sakit KRI dr. Soeharso-990 yang memiliki fasilitas bedah ICU serta unit kesehatan pendukung lainnya, untuk melayani pengobatan umum, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), diare, penyakit kulit, hernia, malaria klinis, pengobatan gigi dan mulut, operasi katarak, operasi bibir sumbing, dan pelayanan KB.

Program ini wujud kepedulian TNI AL terhadap masyarakat di daerah pesisir pantai pulau terluar dalam rangka untuk membantu mempercepat pembangunan. Dengan demikian diharapkan dapat membuka peluang usaha dan memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan. Pelaksanaan pada tahun ini sekaligus merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sail Komodo 2013 diwilayah NTT.

Pada tahun ini gugus laut SBJ akan memberikan pelayanan kesehatan di Lembata, Maumere, Labuan Bajo dan Waingapu. Operasi Surya Bhaskara Jaya  sangat bermanfaat bagi masyarakat diwilayah terpencil, sehingga sampai sekarang masih banyak permintaan masyarakat dan daerah, agar daerahnya dapat disinggahi dan mendapatkan pelayanan kesehatan dan pelayanan sosial lainnya dari SBJ.

Kegitan ini dilaksanakan setiap tahun dan sudah berlangsung sejak tahun 1980, sebagai salah satu tugas dan tanggung jawab TNI AL sebagai komponen bangsa dalam pembangunan nasional dan wujud nyata kepedulian TNI AL terhadap upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir.  Usai melaksanakan opersi bakti di Labuan Bajo, rencananya gugus laut akan melanjutkan kegiatan opersi bakti di Kabupaten Waingapu.
Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment