Friday, September 13, 2013

LATMA ADMM PLUS ON CTX 2013 RESMI DITUTUP




Bogor (MI) : Komandan Detasemen Jalamangkara (Dandenjaka) Kolonel Marinir Nur Alamsyah bertindak selaku Komandan upacara pada penutupan ASEAN DEFENCE MINISTER’ MEETING plus on COUNTER TERORRISM EXCERSISE (ADMM plus on CTX) 2013 di Komplek IPSC Sentul Bogor Jawa Barat, Jum’at (13/09/2013)

Rangkaian Latihan bersama CTx 2013 yang secara resmi ditutup oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro didampingi US Deputy Assistant Secretary of Defense For Spesial Operations and Combating Terrorism William F. Wechsler, dan Ketua BNPT Drs. Ansyaad Mbai, M.M. ini diawali dengan simulasi penyergapan teroris di LNJ tangker oleh tim gabungan (Join Force) Denjaka Marinir, Angkatan Bersenjata Australia dan Philipina melalui jalur darat, air dan udara dilanjutkan penyerbuan gedung serbaguna oleh gabungan Gultor (Kopassus) dan Den Bravo (Paskhas).

 
Dalam amanatnya Menhan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, latihan bersama ini membuktikan bahwa Angkatan Bersenjata negara anggota ADMM Plus mampu bekerjasama dan berkolaborasi dengan baik dalam suatu operasi penanggulangan terorisme.

“Upaya untuk mencegah dan menanggulangi kegiatan terorisme harus terus dilakukan. Karena dengan semakin berkembangnya sel-sel terorisme yang memanfaatkan kemajuan teknologi, terorisme telah menjadi kejahatan yang bersifat trans-nasional. Untuk mengatasi hal tersebut maka kerjasama antar negara merupakan suatu keharusan yang tidak dapat dihindari”, jelas Menhan.





Dengan terselenggaranya Latihan CTx 2013 yang diikuti 10 negara ASEAN dan delapan negara partner ASEAN ini diharapkan dapat menjadi suatu langkah awal bagi negara anggota ADMM Plus untuk dapat mewujudkan kerjasama aktif dalam menjaga keamanan wilayah Asia Tenggara.

Sebagai Direktur Latihan pada latihan bersama ini adalah Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo, dan Wakil Direktur Latihan Danpasmar-2 Brigjen TNI (Mar) Buyung Lalana. 




Sumber : MARINIR

No comments:

Post a Comment