Monday, November 12, 2012

Pangarmatim: TNI AL Adalah Komponen Utama Pertahanan Negara Di Laut



SURABAYA (MI) : TNI AL sebagai bagian dari TNI adalah komponen utama pertahanan negara di laut dan memiliki tugas serta tanggung jawab untuk melaksanakan tugas pokok TNI di bidang pertahanan laut, guna menegakkan kedaulatan serta mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, khususnya di perairan yurisdiksi nasional.

Penegasan tersebut disampaikan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H, M.Hum pada saat memimpin Apel Kesiapan Unsur-Unsur Laut dalam rangka Latihan Gabungan TNI 2012 di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Kamis (8/11). Kegiatan tersebut dihadiri Kasarmatim Laksamana Pertama TNI Darwanto, S.H, M.A.P, Komandan Guspurlatim Laksamana Pertama TNI Arie Soedewo, Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Sugianto, para Komandan Satuan Kapal dan Kasatker Koarmatim lainnya.

Menurut Pangarmatim, bahwa tugas ini akan memperoleh hasil optimal bila diintegrasikan dalam suatu pelaksanaan tugas yang melibatkan keseluruhan matra TNI sebagai satu kesatuan operasi. Untuk itu, dibutuhkan pembinaan yang berkelanjutan terhadap kemampuan TNI AL untuk melakukan operasi gabungan bersama TNI matra lainnya. “Oleh karenanya, melalui kegiatan Latihan Gabungan TNI tahun 2012, merupakan wahana yang tepat bagi TNI AL guna meningkatkan kemampuan tersebut,”tegas Pangarmatim.

Dikatakan Pangarmatim, bahwa dalam latihan Gabungan TNI tahun 2012 ini TNI AL terlibat dalam penyiapan unsur Kogasgabla, Kogasgabfib maupun pasukan pendarat. Adapun gelar kesiapan yang dilaksanakan ini, merupakan tahap akhir pengecekan kesiapan personel maupun material yang terlibat dalam latihan gabungan tersebut.

“Apabila masih terdapat kekurangan dalam persiapan, agar sisa waktu yang ada ini segera dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan adakan koordinasi untuk mencari jalan keluarnya, sehingga kita akan memperoleh keyakinan akan kesiapan unsur, senjata, material dan kesiapan personel. Kita berharap, dengan menyempurnakan segala kekuarangan yang ada, akan diperoleh hasil yang optimal, “kata Pangarmatim.

Seusai memimpin apel kesiapan, Pangarmatim Laksmana Muda TNI Agung Pramono, S.H, M.Hum dengan didampingi beberapa pejabat yang hadir melepas keberangkatan KRI Yos Sudarso-353 menuju daerah sasaran latihan.





Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment