Monday, November 5, 2012

LATIHAN BERSAMA PUNYA IMPLIKASI STRATEGIS




JAKARTA (MI) :Latihan bersama antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) dengan nama Exercise Eagle (Ex-Eagle)-22/12 mempunyai pengaruh yang strategis untuk kerjasam di masa depan.
Demikian sambutan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Sadiman, S.E., yang didampingi Panglima Armada Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) Colonel Thimoty Lo pada pembukaan Latihan bersama Ex-Eagle-22/12 di Aula Gedung Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Koarmabar Jalan Gunung Sahari Raya No. 67 Jakarta Pusat, Senin (5/11).

Lebih lanjut Pangarmabar Laksda TNI Sadiman, S.E., mengatakan, dalam kegiatan latihan bersama ini agar seluruh peserta yang terlibat dapat melaksanakan rangkain serial latihan yang sebaik-baiknya dan dapat bekerja sesuai dengan Standar Operasi Prosedur (SOP) serta mengikuti aturan yang ada.

Dalam kesempatan tersebut Pangarmabar mengatakan berdasarkan dinamika keamanan regional  antara Indonesia dan singapura memiliki peranan penting dalam menjaga keamanan perairan terutama Selat Singapura. Berkaitan dengan aspek tersebut, harus dapat menggunakan kesempatan latihan bersama ini sebaik mungkin dalam upaya  meningkatkan kerjasama yang erat antar kedua angkatan laut.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Komandan Guspurlaarmabar Laksma TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., Asops Pangarmabar Kolonel Laut (P) Agung Prasetiawan, Aspers Pangarmabar Kolonel Laut (P) Sugeng Ing Kaweruh,  Aslog Pangarmabar Kolonel Laut (T) Dani Achdani, S.Sos, S.E., MAP, Kas Guspurlaarmabar  Kolonel Laut (P) Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.E. Wadan Kolatarmabar selaku Komandan Satgas TNI AL dalam Exercise Eagle-22/12 Letkol Laut (P) I.G.P Aswan Candra, Komandan KRI Frans Kaisiepo-368 dan Komandan  KRI  Lemadang-632.

Sedangkan dari Singapura dihadiri  Athan Singapura untuk Indonesia SLTC Tan Bian, ,Komandan Satgas Latihan bersama Exercise Eagle-22/12 Colonel Alan Goh, Komandan kapal Perang Singapura RSS Stalwart-72 LTC Chew Chun-Liang dan para perwira sebagai pelaku latihan.

Dalam latihan Exercise Eagle-22/12 tersebut melibatakan dua kapal perang TNI AL jenis Sigma KRI Frans Kaisiepo-368 dengan komandan Letkol Laut (P) Yayan Sofyan dan kapal perang jenis FPB 57 KRI Lemadang-632 dengan komandan Mayor Laut (P) Robert Marpaung, sedangkan RSN melibatkan satu kapal perang jenis Fregat RSS Stalwart-72.




Sumber : Poskota

No comments:

Post a Comment