Tuesday, October 30, 2012

Presiden SBY: Indonesia-Inggris pererat kerjasama lima bidang


Jakarta (MI) : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Indonesia dan Inggris fokus pengembangan kerjasama di lima bidang yang saling menguntungkan.

Dalam keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa pagi, Presiden mengatakan lima bidang prioritas sebagai berikut: perdagangan, investasi, pendidikan, lingkungan hidup, serta demokrasi dan kerjasama antar-agama.

"Yang pertama untuk acara bilateral dengan Inggris adalah rangkaian kegiatan kunjungan kenegaraan dan pertemuan saya dengan PM Inggris, Wakil PM Inggris dan pimpinan oposisi. Sebagaimana diketahui kerjasama strategis dengan Inggris terus berkembang dengan baik hampir 3 miliar dolar AS. Kuartal ketiga ini Inggris merupakan kedua terbesar setelah Singapura di bidang investasi. Tentu banyak lagi yang dilakukan untuk mengembangkan kerjasama ini," katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono Selasa pagi bertolak menuju London Inggris untuk melakukan kunjungan kerja selama tiga hari atas undangan Ratu Inggris Elizabeth II.

Kepala Negara didampingi sejumlah menteri antara lain Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan sejumlah pejabat negara lainnya dijadwalkan bertemu dengan Ratu Elizabeth II, PM Inggris David Cameron dan sejumlah pejabat kerajaan Inggris.

Kepala Negara selain memenuhi undangan Ratu Elizabeth II untuk berkunjung ke negara tersebut juga akan bertemu dengan Prince of Wales Pangeran Charles; Ketua Partai Liberal Demokrat Nick Clegg dan pimpinan oposisi Ed Miliband.

Presiden Yudhoyono juga akan menyampaikan pidato di beberapa forum, termasuk di antaranya di hadapan All-Party Parliamentary Group on Indonesia, Royal College for Defence Studies, dan Wilton Park.

Kepala Negara beserta rombongan akan berada di Inggris hingga 3 November 2012 mendatang dan kemudian melanjutkan kunjungan kerja ke Laos untuk menghadiri KTT ke-9 Asia-Europe Meeting (ASEM).

Ikut dalam rombongan Presiden antara lain Ketua DPR RI Marzuki Alie, Ketua DPD RI Irman Gusman, Ketua Komite Ekonomi Nasional Chairul Tandjung dan sejumlah pejabat lainnya. 

Wakil Presiden Boediono beserta Herawaty Boediono yang baru saja tiba dari ibadah haji pada Selasa pagi pukul 05:30 WIB di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma juga mengantar keberangkatan Presiden. Mendampingi Wapres antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Seskab Dipo Alam, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo, para Kepala Staf Angkatan dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Presiden dijadwalkan tiba di tanah air pada 6 November 2012 mendatang. 

Sumber: ANTARA

No comments:

Post a Comment