Tuesday, October 23, 2012

Danrem Tinjau Pos Baru Pamtas di Kapuas Hulu




Kapuas Hulu (MI) : beberapa Pos baru pengaman perbatasan RI-Malaysia  dibeberapa titik wilayah perbatasan mulai dari wilayah Sambas sampai dengan Kapuas Hulu untuk TA. 2012 telah dimulai pembangunannnya. 

Beberapa Pos tersebut ada yang telah mencapai 100 % pembangunannya dan ada juga yang baru dimulai. Danrem 121/Abw sebagai Dankolakops Pamtas RI-Malaysia pada kesempatan hari Jumat (19/10/2012) Pukul 14.00 WIB melaksanakan kunjungan ke 2 Pos Baru yaitu Pos Mentari dan Pos Perumbang. Untuk Pos Mentari, pembangunannya telah mencapai 100% sedangkan Pos Perumbang pengerjaan baru pada tahap Land Clearing.

Perjalanan danrem 121/Abw dimulai dari Pos Pamtas Nanga Badau, Danrem beserta rombongan berangkat menggunakan 4 unit kendaraan menuju Pos Mentari di Desa Sebindang Kecamatan Badau. Perjalanan dari Pos Badau ditempuh sekitar 25 menit dengan melalui jalan tanah yang merupakan jalur perdagangan tradisional yang digunakan oleh masyarakat selama ini dari Desa Sebindang menuju ke wilayah Malaysia. 

Kedudukan Pos Mentari yang pembangunannya telah mencapai 100 %, berada diketinggian cukup strategis dimana berhadapan langsung dengan jalan perdagangan tradisional dari Desa Sebindang menuju Distrik Sri Aman Malaysia. Demikian juga untuk pengawasan ke Garis Batas Negara, didepan Pos sekitar 400 meter terdapat ketinggian yang merupakan Garis Batas Negara.

Danrem 121/Abw beserta rombongan melihat keseluruh fasilitas bangunan yang telah siap untuk digunakan walau belum ada Genset yang merupakan sumber tenaga listrik utama untuk Pos tersebut. Beberapa fasilitas yang telah siap digunakan seperti menara pengawas, ruang utama, ruang tidur, dapur, kamar mandi, gudang. 

Danrem 121/Abw didampingi Kasioprem, Dandim 1206/Psb, Danyonif 305/Tengkorak, Kapenrem 121/Abw serta Danramil 1206-18 Badau selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju lahan yang direncanakan akan dibangun Pos Pamtas RI-malaysia yang berada di Dusun Perumbang, Desa Kurak, Kecamatan Badau.

Perjalanan dari Pos Mentari ditempuh sekitar 30 menit menyusuri jalan milik Perkebunan PT. Buana Tunas Sejahtera. Saat rombongan tiba, akses jalan menuju Pos Perumbang baru saja dibuka dan diratakan sehingga Danrem beserta rombongan tertahan dirangkaian ketinggian yang berjarak sekitar 200 meter dari ketinggian tempat rencana Pos Perumbang dibangun. 

Saat ditinjau sedang dilaksanakan pengerjaan perataan tanah tempat Pos akan dibangun. Beberapa alat berat terlihat masih bekerja sehingga rombongan melihat dari kejauhan. 

Seusai meninjau Pos Mentari dan Pos Perumbang, Danrem 121/Abw beserta rombongan selanjutnya menuju ke Long House milik PT. Buana Tunas Sejahtera untuk melaksanakan istirahat. Keesokan hari Sabtu (20/10) direncanakan Danrem 121/Abw akan mewakili Pangdam XII/Tpr untuk mengikuti Soft Launching Pos Lintas Batas Nanga Badau.

Sumber: Tribun Pontianak

No comments:

Post a Comment