Senin, 16 Februari 2015

Tahun Ini 17 Pos Jaga Perbatasan Akan Dibangun



NUNUKAN (MI) : Pos perbatasan Indonesia - Malaysia yang merupakan gerbang masuk negara akan diperkuat dengan membangun 17 pos perbatasan baru yang akan direalisasikan tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Resimen Danrem 091 Aji Surya Nata Kesuma ASN, saat melakukan kunjungan ke perbatasan sekaligus memperkenalkan diri sebagai Komandan Resimen Baru,
''Rencana kita ada penambahan sepanjang perbatasan kolap ops 091 yang selama ini ada 33 pos akan bertambah menjadi 50 pos,'' ujar Brigjend Arief Teguh Indratmoko, Sabtu (14/2/2015).

Rencana penambahan pos jaga perbatasan saat ini dikatakan sudah mencapai tahap pendalaman untuk menentukan lokasi dibangunnya 17 pos jaga tersebut,
''Kita survey sudah,saat ini sedang pendalaman dimana titik koordinat yang tepat untuk membangunnya,'' imbuhnya.

Danrem menilai secara kualitas, profesionalisme  prajurit penjaga perbatasan sudah membanggakan, tak diragukan lagi mereka merupakan prajurit pilihan yang bisa diandalkan di barisan terdepan, dengan adanya penambahan pos jaga, jumlah personel dipastikan akan bertambah untuk mengisi 17 pos yang akan dibangun,
''Jadi kita juga akan melakukan penambahan pasukan untuk mengisi pos jaga perbatasan, meminimalisir tindak kriminal seperti narkoba dll,'' jelasnya tanpa menyebut jumlah prajurit yang akan dikirim ke Nunukan.

Dalam kunjungan tersebut Danrem mengunjungi beberapa pos perbatasan di Kecamatan Sebatik, seperti Pos Marinir di Sungai Bajo, Pos Gabma Seimangaris, Pos Tanjung Aru, Pos Bukit Keramat, Pos Aji Kuning sekaligus meninjau patok perbatasan, terakhir di Pos Bambangan.

Ada beberapa poin penting yang menjadi tugas baginya sebagai Danrem baru, yaitu pembangunan pos Sei Kaca yang sudah hampir ambruk dan juga pengadaan air bersih untuk pos Gabma Seimanggaris yang selama ini hanya mengandalkan air hujan untuk keperluan sehari hari,
''Nanti akan saya buat bangunan Pos Sei Kaca yang permanen, termasuk akan saya perintahkan staf saya membuat pompa hidrolik untuk ‎​kebutuhan air di pos Gabma Seimanggaris,'' tegasnya.

Dalam setiap kunjungan Danrem yang didampingi Kasi Intel Letkol.Inf.Hendrik Sembiring dan juga Kasiter Letkol.Inf.Gemar Pelita, selalu diiringi dengan memberikan kenang kenangan bagi prajurit di Pos Pos Jaga tersebut disaksikan Komandan Kodim 0911 Nunukan Letkol.Inf.Putra Widiastawa bersama Komandan Satgas Pamtas RI - Malaysia Yonif Linud 433/Julu Siri Letkol.Inf.Agustatius Sitepu.

Danrem berpesan agar para prajurit menjunjung tinggi jiwa nasionalisme dan membaur dengan masyarakat karena tonggak kuat sebuah negara adalah manunggalnya TNI bersama Rakyat.

"Tentara itu harus humanis, kalau dulu masyarakat yang harus hormat pada tentara, sekarang kita yang harus hormat pada masyarakat,'' ujar mantan anggota Kopasus dan Anti Teror ini‎​.











Sumber : TERIBUNUNUKAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar