Saturday, October 19, 2013

PT Pindad (Persero) di Trade Expo Indonesia 2013




Jakarta (MI) : PT Pindad (Persero) berpartisipasi dalam acara Trade Expo Indonesia (TEI) tahun 2013. Acara ini diselenggarkan pada tanggal 16-20 Oktober 2013 di JiExpo Kemayoran, Jakarta. Acara ini dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono dan didampingi oleh Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Perindustrian Muhammad Sulaeman Hidayat, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Sidarta Danusubroto, dan para Wakil Menteri dari Kabinet Indonesia Bersatu.
Menurut Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, TEI 2013 diikuti oleh lebih dari 2000 pelaku bisnis nasional dari kalangan pengusaha, koperasi, BUMN, dan provinsi guna mempromosikan produk-produk dalam negeri ke pasar internasional. Alasan tersebut, didukung dengan 9300 pembeli dari 106 negara, TEI 2013 akan menjadi media promosi yang tepat dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian nasional. Kementerian Perdagangan sendiri, menargetkan transaksi dalam TEI 2-13 ini sebesar 2 Milyar USD, sebuah target yang ambisius tapi tetap optimis untuk diraih.
Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI Boediono mengatakan bahwa perekonomian dunia akan mengalami beberapa perubahan yang signifikan. Indonesia—termasuk para pelaku bisnis—harus mempersiapkan berbagai kebijakan ekonomi makro guna memasuki masa transisi yang akan memberikan perubahan pada perekonomian dalam negeri. Wakil Presiden juga menambahkan bahwa untuk para pelaku bisnis yang ingin memperluas usahanya ke luar negeri, pemerintah akan memberikan dukungan dalam bentuk pendampingan penuh kepada mereka.
PT Pindad (Persero) menampilkan beberapa produk alutsista andalannya seperti SS2-V5, senapan perunduk SPR-2 kaliber 12,7 mm lengkap dengan silencer yang bisa mereduksi suara dari 160 dB menjadi 120 dB, pistol G2 tipe Combat dan Elite yang digunakan oleh TNI Angkatan Darat, maket yang berisikan munisi dengan berbagai kaliber, beberapa mock up produk kendaraan khusus seperti Water Canon Policia, Panser Anoa 6×6, dan Kendaraan Taktis Komodo. PT Pindad (Persero) juga menampilkan 1 (satu) unit Panser Anoa UN yang dipakai dalam misi perdamaian di Libanon dan 1 (satu) unit Kendaraan Taktis Komodo.
Beberapa pengunjung dari berbagai negara tidak segan-segan memuji produk-produk yang ditampilkan PT Pindad (Persero). Pengunjung-pengunjung dari Iraq, Yaman, Kanada, USA, Korea Selatan, dan Malaysia menyatakan ketertarikannya untuk bekerjasama dan mengunjungi fasilitas produksi PT Pindad (Persero) di Bandung, Jawa Barat. Banyak pengunjung pameran juga tertarik pada Panser Anoa 6×6 yang tampak menjadi salah satu pusat perhatian.
TEI 2013 juga menjadi ajang promosi berbagai kebudayaan tradisional yang menjadikan Indonesia menjadi remarkable di mata dunia. Seni tenun ikat Nusa Tenggara Timur, seni ukir suku Asmat, berbagai kerajinan tangan khas Bali, dan penampilan unik alat musik Sasando Rote menampilkan berbagai macam lagu pop dan internasional juga menarik perhatian para pengunjung yang datang ke pameran hari itu.

No comments:

Post a Comment