Saturday, December 15, 2012

KRI Sultan Hasanuddin Berlabuh di Mesir




CAIRO (MI) : Wakil Kepala Perwakilan RI (Wakeppri) di Mesir, Teuku Darmawan, didampingi Atase Pertahanan RI Cairo, Kol. Mar. Ipung Purwadi, beserta beberapa staf KBRI Cairo, Sabtu dini hari (15/12/2012) melepas keberangkatan KRI Sultan Hasanuddin-366 yang berlabuh di Port Said, Mesir menuju Tanah Air setelah menjalankan misi perdamaian dunia bersama Maritime Task Force/United Nations Interim Force In Lebanon  (MTF/UNIFIL) di bawah bendera PBB.

Wartawan Kompas di Cairo, Mesir, Mustafa Abdurahman, Senin (17/12/2012), melaporkan dalam perjalanan menuju Indonesia, KRI Sultan Hasanuddin di bawah komando Letkol Laut (P) Dato Rusman akan menempuh rute menuju Jeddah, Salalah, Colombo, Belawan, Jakarta, dan berakhir di Surabaya. Perjalanan tersebut akan ditempuh kira-kira selama satu bulan.

Wakeppri menyampaikan rasa bangga atas peran KRI beserta awak kapalnya yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia serta secara aktif menjalankan amanat UUD 45 dalam turut aktif menciptakan perdamaian dunia.

Atase Pertahanan RI Cairo, Kol. Mar. Ipung Purwadi menekankan, kesempatan yang diperoleh awak kapal selama penugasan yang berada di pusat terjadinya berbagai konfilk di dunia hendaknya menjadi sarana untuk belajar dan meningkatkan kapasitas diri.
Kol. Mar. Ipung juga berpesan untuk senantiasa menjaga kekompakan Tim baik ketika masih bertugas maupun nantinya setelah Tim bubarkan di akhir penugasan.

KRI Sultan Hasanuddin-366 merupakan satu dari empat kapal jenis Sigma yang dibeli oleh Pemri pada tahun 2007 dari Belanda seharga Rp 2,4 triliun.
Dalam mengemban misi sebagai sebagai Satgas Kontingen Garuda XXIII-D MTF UNIFIL yang berlangsung dari bulan Juni - 12 Desember 2012, KRI SHN-366 diawaki oleh 105 orang.
Selama penugasan ini, KRI Sultan Hasanuddin-366 telah menerima penghargaan dari angkatan bersenjata Lebanon (LAF-Navy) dan juga penghargaan berupa Certificate of Appreciation dari PBB yang diserahkan oleh Force Commander and Head of Mission of the UNIFIL Major General Paolo Serra yang diterima oleh Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366 di Markas UNIFIL, Naqoura tanggal 26 Nopember lalu dan Certificate of Appreciation dari MTF Commander.

Selain itu, KRI Sultan Hasanuddin-366 juga mendapatkan penilaian Outstanding Performance dari MTF Commander atas dedikasi dan kontribusinya dalam turut mewujudkan Mandat PBB 1701 dan 2604.


Sumber: KOMPAS

No comments:

Post a Comment