Tuesday, July 2, 2013

Diskusi Teknologi Alpalhankam di PT Pindad



Bandung (MI) : PT Pindad (Persero) menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara Focus Group Discusion tentang teknologi Alat Peralatan Pertahanan Keamanan (Alpalhankam) yang diselenggarakan oleh Dewan Riset Nasional. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 1 Juli 2013 di Auditorium Gedung Direktorat dan dibuka langsung oleh Ketua Komisi Teknis Teknologi Pertahanan dan Keamanan, Eddy Sumarno Siradj dan bertindak sebagai moderator adalah Direktur Sistem Senjata PT Pindad, Ade Bagdja.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak yang terlibat dalam proses perencanaan, produksi, hingga pengguna teknologi peralatan pertahanan dan keamanan, seperti dari Komisi Teknis Teknologi Pertahanan dan Keamanan, Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), Kementerian Perindustrian, Badan Pengkajian dan  Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Litbang TNI, Litbang POLRI, Asrena TNI, dan Direktur beberapa BUMN.


Diskusi yang mengambil tema “Konsep Implementasi Perencanaan Masterplan Pengembangan Industri Pertahanan dan Keamanan” ini dibagi menjadi beberapa sesi presentasi yang mewakili berbagai bidang implementasi perencanaan dalam pengembangan industri pertahanan dan keamanan.

Beberapa tema yang dibahas dalam sesi diskusi adalah implementasi UU no. 16/2012 melalui pengembangan teknologi sesuai dengan kebutuhan pengguna, strategi pengembangan sumber daya manusia dan fasilitas penelitian dan pengembangan sesuai kebutuhan pengguna, perencanaan alokasi anggaran pemerintah dalam pengembangan masterplan pengembangan industri alpalhankam, dan strategi pemberdayaan industri komponen nasional dalam mendukung perencanaan pengembangan industri alpalhankam.


Sesi presentasi ini diakhiri dengan diskusi dari para peserta yang merupakan orang-orang yang terlibat dalam implementasi perencanaan pengembangan industri alpalhankam di Indonesia. Hasil dari diskusi ini diharapkan dapat memetakan bagaimana merencanakan suatu strategi komprehensif yang dapat menghasilkan suatu output yang baik bagi kemajuan dunia alpalhankam di Indonesia.




Sumber : BUMN

1 comment:

  1. Diskusi alpalhankam hrs diikutsertakan seluruh perwakilan anak2 bangsa, agar semua bahasan tdk terlewati/biar nantinya tdk akan menjadi hambatan utk kedepan dan akan terwadahi/terakomodasi semuanya pendapat anak2 bangsa.

    ReplyDelete