Friday, May 24, 2013

Panglima TNI Tutup Latgab TNI 2013 di Surabaya







SURABAYA (MI) :Panglima Tentara Nasional Indonesia (Pang TNI) Laksamana TNI Agus Suhartono S.E., hari ini Jumat (24/5) secara resmi menutup Latihan Gabungan (Latgab) TNI Tahun 2013 dalam sebuah upacara militer yang di gelar di dermaga Madura, Koarmatim, Ujung, Surabaya.

Upacara yang digelar di bawah panas terik matahari itu disertai dengan perwakilan pelepasan tanda peserta latihan dengan dilepasnya tanda peserta itu, sekaligus menandai berakhirnya latihan gabungan yang melibatkan tiga matra kekuatan TNI tersebut. 

Dalam Latihan ini, TNI AL mengerahkan tidak kurang dari 43 kapal perang. Kapal perang tersebut terdiri dari berbagai jenis di antaranya kapal kombatan jenis Kapal Perusak Kawal Rudal, SIGMA, kapal selam, kapal amfibi dan Landing Platform Dock (LPD), Kapal Cepat Rudal (KCR) dan Kapal Cepat Torpedo (KCT), Kapal Buru Ranjau (BR) dan Penyapu Ranjau (PR), Kapal Patroli Cepat (Fast Patrol Boat) dan Kapal Bantu.

Unsur-unsur tersebut dalam Latgab TNI tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Laut (Kogasgabla) dan Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib).  Unsur Kogasgabla terdiri dari kapal-kapal kombatan, kapal rudal, dan penyapu ranjau, sedangkan unsur Kogasgabfib terdiri dari kapal amfibi dan LPD, Pasukan Khusus (Pasus) TNI AL Kopaska dan Taifib, Penyelam Tempur, dan helikopter. Jajaran Kogasgabfib ini mengangkut Pasukan Pendarat (Pasrat) Marinir dan matrial tempurnya.

Pada Latgab TNI kali ini,  Korps Marinir  mengerahkan  59  tank amfibi, yaitu 17 BMP-3F (Boyevaya Mashina Pyekhota),  33 BTR-50  (Browne Transporter),  7 LVT-7A1 (Landing Vehicle Track), serta 2 BVP-2 (Bojove Vozidlo Pechoty), 2 unit Roket Multi Laras RM-70/Grad, 16 perahu karet, 4 unit meriam Howitzer 105 mm, dan lebih dari dua ribu prajurit Marinir yang kesemuanya diangkut dengan kapal perang LST dan LPD. Sementara Puspenerbal mengerahkan 3 pesawat Intai Maritim jenis Cassa dan 5 helikopter untuk pendaratan Marinir Lintas Heli. Secara keseluruhan kekuatan pasukan TNI yang dilibatkan dalam Latihan Gabungan tersebut berjumlah sekitar 16.745 prajurit.


Hadir dalam upacara penutupan dengan Komandan Upacara (Dan Up) Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksda TNI Agung Pramono SH.M Hum itu diantaranya Kepala Staf Angkatan Udara Kasau , Wakasad, Wakasal, Pangkostrad, Gub Akademi TNI, Pangarmatim serta para petinggi TNI lainnya. Sebelum pelaksanaan upacara penutupan tersebut telah dilaksanakan kaji ulang tentang pelaksanaan Latgab TNI itu.

Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment