Thursday, March 7, 2013

Pangarmatim: Ancaman Terbesar Terhadap Negara Kita Akan Datang Dari Laut



Surabaya (MI) : Berbagai peristiwa yang terjadi dan atau melalui laut selama ini semakin menyadarkan kita, bahwa kemungkinan ancaman yang terbesar terhadap negara kita akan datang melalui laut. Hal itu ditegaskan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H, M.Hum dalam amanatnya yang dibacakan Kasarmatim Laksamana Pertama Darwanto, S.H, M.A.P pada saat menutup Latihan Parsial II/2013 (Taktik Peperangan Laut) di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolatarmatim Ujung Surabaya, Kamis (7/3).


Oleh karena itu, lanjut Pangarmatim, dibutuhkan terwujudnya postur aparatur pertahanan dan keamanan laut yang mampu menegakkan kedaulatan serta hukum di laut yurisdiksi nasional secara optimal sekaligus mampu menjadi faktor penggentar (deterrence effect) yang dapat menghalangi keinginan pihak lawan untuk melaksanakan niatnya.

Dikatakan Pangarmatim, guna mewujudkan postur aparatur pertahanan dan keamanan laut yang diharapkan, dibutuhkan upaya guna meningkatkan kemampuan tempur dan profesionalisme prajurit Koarmatim sekaligus menguji kehandalan sistem senjata  serta melatih taktik pertempuran.


“Karenanya perlu dilaksanakan latihan secara kontinyu, dimana salah satunya adalah Latihan Parsial II/2013 (Taktik Peperangan Laut), kata Pangarmatim.  Menurut Pangarmatim, latihan yang melibatkan 12 KRI Koarmatim, tiga KRI Koarmabar dan beberapa pesud TNI AL ini, juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam mengaplikasikan dan menerapkan taktik peperangan laut serta memberikan rasa bangga dan semangat tempur secara positif antar unsur-unsur peserta latihan, hal mana diharapkan akan dapat meningkatkan naluri tempur prajurit, khususnya dalam menghadapi Latihan Gabungan TNI tahun 2013.

Penutupan Latihan Parsial II/2013 dihadiri Komandan Satgas Latihan Parsial II/2013 Kolonel Laut (P) Syufenri, M.Si,  para Komandan Satuan Kapal, komandan unsur jajaran Koarmatim dan seluruh peserta latihan. Sebelum latihan Parsial II/2013 ini ditutup, telah dilaksanakan kaji ulang.



Sumber : Koarmatim




No comments:

Post a Comment