Wednesday, March 6, 2013

Kasarmatim Tinjau Peralatan Selam Dislambair Koarmatim


Surabaya (MI) : Kepala Staf Armatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI Darwanto, S.H., M.A.P., meninjau peralatan selam yang berada di Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmatim, Ujung, Surabaya, Rabu, (06/03). Pada kesempatan itu Kasarmatim didampingi Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Pangarmatim Kolonel Laut (P) Yusup, Kadislambair Koarmatim Kolonel Laut (T) Birawa Budi Juana serta para Kasatker di lingkungan Koarmatim.

Peninjauan perlengkapan milik penyelam TNI AL itu bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembinaan material Koarmatim sekaligus sebagai sarana untuk mengetahui kesiapsiagaan personel dan peralatan penyelaman dalam rangka mendukung tugas-tugas operasi dan latihan.

Sebelum melakukan peninjauan, Kasarmatim menerima paparan dari Kadislambair dalam forum Coffee Morning, bertempat di Ruang Rapat Dislambair. Forum tersebut membahas tentang kapasitas dan kapabilitas Dislambair Koarmatim, serta kelengkapan peralatan selam yang dimilki dan kemampuan prajurit dalam penggunaannya.

Kadislambair memaparkan tentang kemampuan yang dimilki penyelam TNI AL yang dipimpinnya serta peralatan yang dimilki saat ini. Salah satu kemampuan yang terus dikembangkan di antaranya dalam bidang pengelasan bawah air, yang terus dimodernisasi peralatannya. Selain itu forum tersebut juga membahas tentang berbagai macam program kerja Koarmatim di bidang kebersihan lingkungan, terutama kebersihan wilayah laut di sekitar dermaga.
Dasar laut sekitar Dermaga Koarmatim membutuhkan perhatian khusus terutama dari segi kedalamannya, demi keamanan dan keselamatan kapal-kapal perang yang akan berlabuh. Dalam hal ini Dislambair Koarmatim mendapat tugas khusus untuk melaksanakan penyedotan lumpur di sekitar dermaga dan wilayah laut di sekitar Mako Koarmatim.

Program tersebut bukan hanya sekedar wacana, namun sudah dilaksanakan secara terpadu oleh Dislambair Koarmatim didukung instansi terkait di jajaran Koarmatim. Forum Coffee Morning dan peninjauan oleh Kasarmatim merupakan saran evaluasi hasil kerja penyedotan lumpur yang dilaksanakan oleh Dislambair Koarmatim.

Secara umum pengendalian lingkungan wilayah laut juga dilakukan oleh satauan-satuan kerja dijajaran Koarmatim, di antaranya dengan membersihkan sampah-sampah yang terbawa arus laut dan mengotori sekitar dermaga. Koarmatim juga terus membenahi dan melengkapi fasilitas pendukung dermaga tempat bersandarnya kapal-kapal perang. 



Sumber : Koarmatim

No comments:

Post a Comment